6 Tanaman Hias Keladi Berdaun Unik yang Bikin Tampilan Rumah Semakin Estetik Foto: @plantsbybing, @plantcircle, @ovethemplants
Selain aglaonema dan monstera, keladi atau Caladium kini tengah viral dan banyak digandrungi para pecinta tanaman hias. Caladium sendiri merupakan tumbuhan dari keluarga talas-talasan atau famili Araceae.
Salah satu ciri utama dari tanaman hias ini adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati atau jantung dan memiliki tekstur daun yang licin. Selain itu, keladi juga memiliki motif daun yang indah dan unik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah.
Menurut The Plant List, tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini dulunya memiliki tujuh spesies. Namun, seiring berkembangnya waktu, Caladium berkembang lebih dari 1.000 spesies hasil persilangan atau varietas tanaman yang telah dibudidayakan di seluruh dunia.
Hasil persilangan inilah yang kemudian menciptakan corak warna yang unik dan beragam. Nah, bagi Anda yang tertarik ingin membeli keladi, yuk kenali dulu enam jenis keladi berikut ini. Uniknya, jenis-jenis keladi ini memiliki daun yang unik sehingga cocok untuk dijadikan dekorasi rumah.

1. Caladium Gingerland

Yang pertama adalah Caladium Gingerland. Jenis keladi yang satu ini memiliki daun berbentuk hati dan berukuran kecil hingga sedang. Caladium Gingerland juga memiliki warna yang sangat cantik, dengan daun berwarna putih lembut di bagian tengah dan hijau tua di area pinggirannya. Tak hanya itu, jenis keladi ini juga memiliki totol-totol merah atau merah muda yang membuat tampilannya semakin estetik.

2. Caladium White Queen

Sesuai namanya, jenis keladi ini memiliki dasar daun berwarna putih. Namun yang unik dari Caladium White Queen adalah tulang daunnya berwarna merah mencolok yang sangat kontras dengan warna dasar daun. Selain itu, jenis keladi ini juga memiliki serat-serat halus berwarna hijau yang membuatnya terlihat sangat elegan.

3. Caladium Freckles

Caladium Freckles memiliki ciri daun berbentuk hati dan berukuran kecil hingga sedang. Selain itu, jenis keladi ini juga memiliki daun hijau tua dengan bercak kecil berwarna merah muda dan putih yang menjadi salah satu daya tariknya.

4. Caladium Thai Beauty

Caladium Thai Beauty merupakan salah satu tanaman hias yang belakangan ini sedang banyak digandrungi. Di Indonesia, tanaman ini biasanya dikenal dengan sebutan Keladi Wayang atau Keladi Batik karena motifnya yang menyerupai batik. Jenis keladi ini juga memiliki ciri daun yang didominasi warna merah muda dengan sedikit warna hijau yang terlihat pada pinggiran daun dan pada sekitar tulang daun.
Keladi Wayang atau Keladi Batik cocok ditanam di halaman rumah atau sebagai hiasan di balkon. Terlebih, bentuknya yang menyerupai hati bisa membuat tampilan rumah terlihat semakin cantik.

5. Caladium Candidum

Caladium Candidum terdiri dari dua warna, yaitu putih dan hijau. Daun pada tanaman hias ini biasanya didominasi warna putih salju dengan tulang daun berwarna hijau pekat. Perpaduan dua warna ini membuat Caladium Candidum tampak elegan dan menawan.

6. Caladium Spring Fling

Jenis keladi berdaun unik yang terakhir adalah Caladium Spring Fling. Sesuai namanya, jenis keladi ini memiliki daun yang didominasi warna merah muda dengan sedikit hijau pada sekitar tulang dan pinggiran daun. Tanaman hias ini memiliki tampilan yang sangat cantik, sehingga bisa Anda jadikan sebagai dekorasi di ruang kerja atau kamar.
Editor : Parna
Sumber : kumparan