Tanaman Spider Plant Foto: Shutterstock
Beberapa waktu belakangan ini, tanaman hias menjadi sangat populer. Selain dapat mempercantik ruangan, tanaman hias dalam juga bersifat antipolutan sehingga mampu memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Suasana rileks dapat tercipta berkat udara segar yang dihasilkan tanaman hias dalam ruangan.
Selain rajin disiram, dipupuk, dan dijemur di bawah sinar matahari, ternyata tanaman hias juga harus dibersihkan dengan baik agar daun-daunnya tidak tampak kusam akibat debu yang menempel.
Untuk mengatasi masalah yang satu itu, Anda bisa mengandalkan bahan-bahan dapur. Mulai dari mayones, susu, hingga kulit pisang. Beberapa bahan ini bisa membuat tampilan daun tanaman hias tampak sehat, bersih, dan mengilap.
Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut rangkuman caranya untuk kamu. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pakai campuran air dan susu

Bisa Bikin Daun Tanaman Hias Kinclong & Mengilap, Manfaatkan 4 Bahan Dapur Ini (1)
com-Ilustrasi susu. Foto: Shutterstock
Cara pertama, kamu bisa menggunakan campuran susu dan air untuk membuat daun-daun tanaman menjadi lebih bersih dan berkilap
Untuk melakukannya cukup mudah. Campurkan 4 sendok makan susu cair dengan 100 ml air biasa, lalu aduk hingga rata. Sebelum mengaplikasikannya pada tanaman, pastikan daun-daun dari tanaman kamu sudah dibersihkan dari debu yang menempel menggunakan tisu. Setelah itu, baru celupkan ujung kain bersih ke dalam campuran air dan susu, kemudian usapkan pada bagian atas daun-daun tanaman.
Lakukan langkah ini setiap sebulan sekali atau kapanpun saat kamu ingin tanaman tampak bersih dan mengkilap.

2. Mengandalkan kulit pisang

Bisa Bikin Daun Tanaman Hias Kinclong & Mengilap, Manfaatkan 4 Bahan Dapur Ini (2)
Ilustrasi kulit pisang Foto: Shutterstock
Tak hanya bisa mengatasi sunburn pada kulit manusia, ternyata kulit pisang juga bisa membuat daun-daun tampak lebih hijau dan mengkilap.
Sebab kulit pisang mengandung minyak alami yang membuat tanaman tampak lebih kinclong saat dibersihkan. Cara memanfaatkannya juga tidak sulit. Cukup gosokkan secara perlahan kulit pisang bagian dalam selama 10 detik pada bagian atas daun. Lakukan selama seminggu sekali agar tanaman selalu tampak cantik dan menawan saat diletakkan di sudut-sudut rumah.

3. Memakai air sabun

Bisa Bikin Daun Tanaman Hias Kinclong & Mengilap, Manfaatkan 4 Bahan Dapur Ini (3)
Ilustrasi air sabun. Foto: Pixabay
Nah, untuk kamu yang suka cara praktis. Air sabun bisa jadi pilihan mudah untuk kamu yang ingin membuat tanaman berkilap tanpa harus menyiapkan banyak bahan-bahan yang mungkin belum tersedia di rumah.
Untuk melakukannya caranya gampang. Cukup siapkan satu gayung air yang sudah dicampur dengan 3 tetes sabun cuci piring. Kemudian celupkan kain bersih pada campuran air sabun, lalu gosokkan perlahan pada daun-daun yang tampak kusam.
Ladies tak perlu khawatir kalau tanaman akan mati karena air sabun. Sebab kita tidak menyiramkan air tersebut pada tanamannya langsung.

4. Menggunakan mayones

Bisa Bikin Daun Tanaman Hias Kinclong & Mengilap, Manfaatkan 4 Bahan Dapur Ini (4)
Ilustrasi mayones Foto: Shutter Stock
Bahan makanan yang satu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat daun kusam tampak mengkilap lho Ladies. Kamu bisa mengoleskannya secara langsung pada daun-daun tanaman hias di rumah lalu dibersihkan pakai kain basah. Atau kalau takut berantakan, kamu bisa mencampurnya dulu dengan sedikit air sampai mayones berbentuk cairan. Baru setelah itu gosokkan pada daun dengan kain bersih.
Selain membuat daun tampak berkilau, mayones juga bisa menjaga agar debu tidak mudah menempel pada daun. Sehingga tampilan tanaman akan tetap sehat, bersih dan kinclong dalam waktu yang lebih lama.
Bagaimana Ladies, kamu tertarik mencoba?
Editor : Parna