Smoothie Sayur (Foto: Thinkstock)

Smoothie adalah salah satu menu sehat yang dipilih banyak orang. Baik untuk menurunkan berat badan atau sekadar menjaga kesehatan, segelas smoothie bisa jadi pilihan tepat untuk mengganti seporsi jatah makan. Beberapa tips berikut bisa membuat sajian smoothie lebih sehat.

Smoothie terbuat dari bahan buah-buahan dan sayur. Umumnya, smoothie dikonsumsi untuk tujuan detoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Namun, jika Anda tidak berhati-hati dalam membuatnya, segelas smoothie hanya akan membuat Anda merasa lebih lapar. Berikut beberapa tips membuat segelas smoothie Anda lebih sehat, melansir Eat Thid.

1. Tambahkan alpukat agar lebih creamy

Alpukat adalah buah yang bisa memberikan tekstur lembut. Selain itu, alpukat juga bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Dengan menambahkan alpukat ke dalam smoothie, Anda akan memenuhi kebutuhan lemak tak jenuh tunggal yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan baik untuk kesehatan jantung.

2. Masukkan kembang kol

Anda dapat menambahkan bayam dan kangkung untuk memenuhi kebutuhan sayuran hijau. Tapi, jangan lupakan kembang kol.

Kembang kol dapat meningkatkan kandungan serat dalam seporsi smoothie Anda. Sayuran ini juga akan membuat smoothie hadir dengan tekstur yang lebih lembut tanpa mengubah warna.

3. Ganti dengan susu almond

Anda dapat mengurangi kandungan lemak dalam seporsi smoothie. Caranya adalah mengganti susu biasa dengan susu almond.

Sebanyak 250 mililiter susu almond tanpa pemanis mengandung hanya 30 kalori. Angka ini jauh berada di bawah susu biasa yang bisa mencapai 103 kalori.

4. Tambahkan yogurt Yunani

Salah satu cara alami untuk menambahkan kandungan protein adalah dengan memasukkan sedikit yogurt Yunani ke dalam campuran smoothie.

Sebanyak 170 gram yogurt Yunani tanpa lemak dapat memberikan 17 gram protein ke dalam smoothie Anda.

5. Tambahkan selai kacang

Jika Anda bukan penggemar alpukat, selai kacang bisa jadi cara lain untuk menambahkan kandungan lemak sehat. Cukup tambahkan satu sendok makan selai kacang ke dalam smoothie, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

6. Masukkan biji-bijian dan topping lain

Menambahkan biji-bijian ke dalam smoothie menjadi cara alami untuk meningkatkan serat dan protein. Beberapa pilihan biji-bijian terbaik di antaranya biji rami dan biji chia.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan, buah ekstra, atau bahkan granola berserat tinggi.

7. Tambahkan bubuk kolagen

Kolagen penting untuk tulang, gigi, otot, kulit, persendian, dan jaringan ikat.

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang. Dengan begitu, menambahkan satu sendok makan bubuk kolagen ke dalam smoothie juga menjadi cara yang tepat untuk menambahkan nutrisinya.

Editor : Aron
Sumber: cnnindonesia