Air lemon.

Tak semua orang bisa meminum kopi setiap hari. Sebagai alternatif, berikut pilihan minuman pengganti kopi yang dapat memberi Anda energi dan semangat di pagi hari.

Banyak orang menjadikan kopi sebagai minuman wajib di pagi hari demi memulai hari dengan semangat. Kandungan dalam kopi memang diketahui dapat membuat seseorang waspada, berenergi, dan meningkatkan suasana hati.

Namun, bagi beberapa orang, asupan kafein yang tinggi dalam kopi bisa jadi sangat mengganggu. Beberapa orang mengalami kegelisahan dengan jantung yang berdebar-debar. Pada beberapa lainnya, asupan kopi justru meningkatkan asam lambung dan mengganggu pencernaan.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa minuman yang dapat mengganti secangkir kopi Anda di pagi hari, seperti berikut mengutip Bustle dan Healthline.

1. Teh matcha

Matcha adalah sejenis teh hijau yang dibuat dengan cara dikukus, dikeringkan, dan digiling agar menjadi bubuk halus. Minuman ini bisa jadi pilihan alternatif kopi yang kaya antioksidan.

Dengan matcha, Anda berarti mengonsumsi seluruh daun yang digunakan. Karena alasan itu-lah, matcha juga umumnya mengandung kafein yang lebih tinggi, bahkan melebihi kopi.

Matcha juga mengandung asam amino L-theanine, yang dapat menenangkan pikiran tanpa kantuk. Studi menunjukkan, asupan L-theanine dan kafein dapat memberikan efek positif pada kognisi dan suasana hati.

2. Susu kunyit

Susu kunyit bisa menjadi alternatif kopi yang kaya nutrisi dan bebas kafein. Minuman ini menggabungkan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan kunyit dengan susu serta madu.

Berbagai rempah yang digunakan dalam susu kunyit memiliki sifat anti-inflamasi karena kandungan kurkumin, bahan aktif dalam kunyit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 500 miligram kurkumin sama dengan 50 miligram obat radang sendi.

Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan, minum susu kunyit dapat meningkatkan kesehatan mental, daya ingat, serta kepadatan tulang.

3. Cokelat panas

Meski kerap dikenal sebagai minuman yang membuat rileks di malam hari, namun cokelat panas juga bisa berfungsi sebagai alternatif kopi. Cokelat panas menjadi minuman pagi hari yang dikemas dengan kandungan antioksidan yang kuat, dengan rasa yang mirip seperti kopi.

Selain itu, cokelat juga diketahui dapat meningkatkan suasana hati.

Ilustrasi Minuman Coklat PanasIlustrasi. Dengan rasanya yang mirip yang kemampuannya meningkatkan suasana hati, cokelat panas bisa jadi pilihan minuman pengganti kopi terbaik di pagi hari. (stevepb/Pixabay)

4. Kombucha

Tak sekadar tren, kombucha juga menjadi minuman pengganti kopi potensial.

Kombucha menggunakan teh sebagai medium fermentasi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kandungan L-theanine dan kafein untuk menciptakan energi tanpa kegelisahan.

Namun, kombucha umumnya mengandung lebih sedikit kafein daripada teh biasa. Bagi Anda yang menginginkan dorongan kafein yang lembut, kombucha adalah pilihan yang tepat.

5. Air lemon

Mengganti minuman pagi tak perlu rumit. Air lemon juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk memulai hari, dengan bebas kalori dan kafein serta kaya akan vitamin C.

Sebagai antioksidan, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel dibuat dengan memfermentasi apel yang dihancurkan menggunakan ragi dan bakteri. Proses ini menghasilkan senyawa yang dikenal dengan asam asetat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Cuka sari apel juga dapat meningkatkan perasaan kenyang setelah makan.

Campurkan 1 sdm cuka sari apel ke dalam 250 mililiter air dan tambahkan 1-2 sdm madu atau pemanis alami lainnya.

7. Smoothie

Ada banyak bahan alami yang dapat meningkatkan energi sebagai pengganti kopi. Smoothie juga bisa jadi salah satu pilihan tepat.

Smoothie dibuat dari buah dan sayuran yang kesemuanya mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Smoothie adalah awal yang baik untuk memulai hari dengan karbohidrat, serat, antioksidan, dan protein.

Tujuh pilihan minuman pengganti kopi di atas bisa Anda buat sendiri di rumah sambil menikmati pagi hari yang tenang.

 

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia