Triumph resmi meluncurkan motor sport tanpa fairing terbarunya, Trident 660. Kehadirannya akan menantang motor sekaliber Kawasaki Z650, Honda CBR650R dan Yamaha MT-07.

Motor terbaru pabrikan asal Inggris ini punya desain gahar dan klasik khas ala Triumph. Pada bagian lampu misalnya, masih menggunakan lampu berbentuk bulat dengan pencahayaan LED, yang menguatkan kesan retro-modern.

Tangki bahan bakar melengkung dengan lekukan lutut, gril radiator menonjol, sadel step-up pendek, dan knalpot underbelly membuat motor ini tampak agresif dan modern.

Selain tampilan sasis dan mesin yang terekspos keluar, Trident diharapkan bisa memenuhi keinginan pengendara yang ingin memiliki motor yang lincah dan torsi gede di putaran bawah.

Ya, berita besar dari motor ini ialah sektor dapur pacu yang baru. Trident 660 dicangkok mesin 3-silinder berkapasitas 660 cc. Di atas kertas, moge kelas menengah ini bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga 81 tenaga kuda pada 10.250 rpm dan torsi maksimum mencapai 64 Nm pada 6.250 rpm.

Mesin ini dikembangkan secara khusus untuk Trident 660. Tenaga itu disalurkan melalu transmisi manual 6-percepatan, yang sudah memiliki fitur slip-and-assist clutch dan bi-directional quick shifter.

Punya tenaga besar Triumph dibekali pengereman kaliper depan Nissin piston ganda dengan rem cakram 310 mm kembar dan kaliper Nissin piston tunggal dengan rem cakram 255 mm dengan ABS saluran ganda.

Dari sektor kaki-kaki, Trident menggunakan pelek lima palang. Sedangkan urusan sokbreker, bagian depan upside down keluaran Showa dengan travel roda depan 120 mm. Sementara suspensi belakang, menggunakan monoshock yang preload-nya bisa diatur.

Fitur teranyar dari Trident 660 yang jadi unggulan ialah panel instrumen TFT digital yang bisa terintegrasi Bluetooth untuk mengontrol telepon, musik, kontrol go pro, dan navigasi.Secara dimensi Trident 660 memiliki ukuran panjang 2020 mm, lebar 795 mm, tinggi 1089 mm, dan tinggi jok 805 mm. Trident juga menawarkan posisi tubuh pengendara yang tegak. Untuk bobotnya, motor ini memiliki bobot basah 189 kilogram.

Triumph Trident 660Triumph Trident 660 Foto: Triumph

Sedangkan untuk fitur keamanan, Trident 660 sudah menggunakan sistem pengereman ABS sebagai pelengkapan standar. Tak hanya itu, motor ini juga dilengkapi dengan dua mode berkendara – Road and Rain -, dan puntiran gas tanpa kabel alias ride-by-wire throttle.

Triumph Trident 660 resmi dirilis dengan harga peluncuran 7.195 pound sterling atau sekitar Rp 137 jutaan, dan mulai tersedia di Inggris mulai Januari 2021.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detikoto