Ilustrasi kakak beradik bertengkar. Foto: shutter stock
Sepertinya sudah menjadi hal yang wajar bila anak atau kakak beradik di rumah bertengkar. Setuju, Moms? Ya, ada berbagai hal yang menyebabkan mereka bertengkar. Tapi yang paling sering biasanya karena masalah mainan!
Harus diakui, terkadang kondisi ini mungkin membuat Anda harus menjadi penengah di antara keduanya. Bahkan, jika kondisi ini terus terjadi, bisa saja membuat Anda stres dan meluapkan emosi kepada anak-anak.
Tapi, tenang dulu, ya, Moms. Sebab, jika Anda mengatasinya dengan amarah atau emosi, hal ini tak akan menyelesaikan masalah. Malahan bisa berisiko mengganggu kesehatan mental mereka. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian anak-anak agar tak bertengkar. Kira-kira, apa saja?
Cara Alihkan Perhatian Anak agar Tidak Bertengkar (1)
Ilustrasi kakak beradik bertengkar. Foto: shutter stock

5 Cara Alihkan Perhatian Anak-anak agar Tak Bertengkar

1. Tidur

Dikutip dari Todays Parent, waktu tidur bisa menjadi rutinitas yang dapat membantu menghilangkan stres. Ya Moms, Anda dapat mengajak si kakak dan adiknya tidur siang bersama untuk mengalihkan perhatiannya saat bertengkar. Dengan begitu, keduanya bisa saja menjadi lebih rileks alias tenang. Usai bangun tidur pun mereka biasanya akan lupa dengan peristiwa yang mereka alami sebelumnya.

2. Bepergian

Cara yang ini mungkin bisa Anda terapkan bila pandemi virus corona telah berakhir, ya, Moms. Ketika Anda bepergian bersama anak-anak, Anda dapat mengatur penempatan kursi si kakak dan adiknya secara adil. Misalnya saja, si kakak duduk di pinggir jendela kiri, sedangkan sang adik di pinggir jendela kanan, dan Anda pun duduk di tengahnya. Sebab, anak-anak biasanya sangat senang duduk di dekat jendela untuk melihat pemandangan.
Cara Alihkan Perhatian Anak agar Tidak Bertengkar (2)
Ilustrasi anak bermain. Foto: Shutterstock

3. Mainan

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah membuat semacam gudang mainan atau tempat mainan cadangan untuk anak-anak, Moms. Ya, biasanya si kakak dan adiknya akan bertengkar karena dilanda rasa bosan. Untuk mengalihkan perhatiannya, Anda bisa mengajak keduanya untuk membuka mainan di gudang atau tempat mainan cadangannya itu. Kegiatan ini pun akan membuat keduanya asyik bermain dengan mainannya tersebut.
Cara Alihkan Perhatian Anak agar Tidak Bertengkar (3)
Ilustrasi anak makan. Foto: Shutterstock

4. Makan

Coba tawarkan anak-anak Anda dengan menu makanan baru atau sajikan camilan favoritnya. Hal ini bisa saja mengalihkan perhatian mereka pada makanan tersebut.
Cara Alihkan Perhatian Anak agar Tidak Bertengkar (4)
Ilustrasi dekorasi rumah dengan cara sederhana. Foto: Shutter Stock

5. Dekorasi

Ketika si kakak dan adik bertengkar, coba alihkan perhatiannya dengan meminta bantuan keduanya untuk mendekorasi kamar atau suatu ruangan bersama. Ya Moms, daripada tenaga anak-anak habis untuk bertengkar, ada baiknya salurkan saja ke hal yang lebih baik. Kegiatan ini pun dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kreativitas mereka, lho!
Nah, itulah beberapa cara untuk mengalihkan perhatian anak-anak agar tak bertengkar. Bagaimana dengan Anda? Apa yang biasanya dilakukan untuk mengalihkan anak-anak agar tidak bertengkar?
Editor : Parna
Sumber : kumparan