Seorang pria asal Irlandia yang tidak melakukan isolasi mandiri setelah kembali dari perjalanan luar negeri meski menunjukkan gejala menyebabkan setidaknya 56 orang terinfeksi COVID-19, termasuk di dalamnya 10 rumah tangga dan satu tim olahraga.

“Ini contoh nyata yang serius tentang bagaimana COVID-19 dapat menyebar di masyarakat,” demikian laporan Departemen Kesehatan Masyarakat Mid West, Irlandia, dikutip dari Irish Times.

“Secara total, 56 kasus terinfeksi dari kasus indeks, mempengaruhi hingga 10 rumah tangga pribadi dan satu tim olahraga,” kata laporan itu.

Pria tersebut yang dinamakan ‘kasus indeks’, bepergian ke luar negeri untuk liburan namun tidak melakukan pembatasan sesuai pedoman saat pulang.

Setibanya di rumah, dia memiliki gejala seperti pilek dan sakit tenggorokan namun tidak demam.

Sebelumnya ia yakin tidak memiliki COVID-19 sehingga setibanya di rumah, dia bersosialisasi dengan sekelompok temannya. Sayangnya setelah itu dia dinyatakan positif Corona.

“Pada tahap ini dia telah menginfeksi tiga temannya. Dan teman-temannya ini akhirnya menulari keluarga mereka,” tutupnya.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews