Mantan Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, kini menjabat Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk. Hal tersebut terlihat dari informasi perusahaan yang ditampilkan di laman Sentul City. Bahkan namanya sudah tercantum di situs perusahaan.
Purnawirawan Polri berpangkat Irjen tersebut ditunjuk sebagai Preskom dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Sentul City pada Rabu, (14/20).
Berikut bunyi pengumuman ringkasan risalah RUPSLB Sentul City:
Rapat hari ini sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2023, dengan tidak mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu adalah sebagai berikut:

DIREKSI

Presiden Direktur : Tjetje Muljanto
Direktur : Iwan Budiharsana
Direktur : Richard Susilo

DEWAN KOMISARIS

Presiden Komisaris : Basaria Panjaitan
Komisaris Independen : Jonnardi
Komisaris : Sumarsono
Mantan Pimpinan KPK, Basaria Panjaitan, Jadi Presiden Komisaris Sentul City (1)
Eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan memberikan keterangan pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) suap proyek pekerjaan di Pemerintahan Kabupaten Bengkayang, Jakarta, Rabu (4/9). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Saat dikonfirmasi, Basaria membenarkan penunjukannya sebagai Presiden Komisaris Sentul City.
Penunjukan Basaria tersebut cukup mengejutkan. Sebab Sentul City pernah terbelit kasus di KPK pada 2014. Saat itu, Presiden Direktur Sentul City, Kwee Cahyadi Kumala alias Swie Teng, terjerat kasus merintangi penyidikan dan suap.
Dalam kasus suap, Swie Teng terbukti menyuap Rachmat Yasin selaku Bupati Bogor senilai Rp 5 miliar untuk memuluskan tukar guling (ruislag) kawasan hutan di Kabupaten Bogor seluas 2.754 hektar. Kawasan tersebut rencananya dijadikan pemukiman berupa kota satelit Jonggol City.
Atas perbuatannya, Swie Teng divonis 5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Namun hukumannya dipotong saat mengajukan PK ke MA pada 2016. Hukuman Swie Teng dipotong dari 5 tahun menjadi 2,5 tahun penjara.
Editor : aron
Sumber : Kumparan