Sebanyak 310.212 penerima program Kartu Prakerja gelombang 1-7 dicabut kepesertaannya. Dengan masing-masing penerima seharusnya mendapatkan insentif Rp 3.550.000, maka terdapat dana insentif Rp 1,1 triliun yang batal cair.

“Yang dicabut sejauh ini 310.212 orang,” ujar Direktur Eksekutif Project Manager Office (PMO) atau Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari dalam seminar Kartu Prakerja untuk Akselerasi Inklusi Keuangan yang disiarkan virtual, Rabu (14/10/2020).

1. Penyebab Insentif Batal Cair

Penyebab penerima batal menerima insentif dan dicabut kepesertaannya dikarenakan para penerima ini tidak membelanjakan dana atau saldo untuk membeli paket pelatihan.

Adapun rincian insentif yang bisa diterima yakni Rp 1.000.000 untuk biaya pelatihan, lalu insentif Rp 2.400.000 atau Rp 600.000 per bulan diberikan selama 4 bulan, dan insentif survei pekerjaan sebesar Rp 150.000.

2. Insentif Batal Cair Bisa Untuk Peserta Gelombang 11

Denni menuturkan, ada potensi sebagian dari penerima yang dicabut itu bisa dipulihkan untuk menjadi peserta lagi di gelombang ke-11 Kartu Prakerja, hanya saja pihaknya masih menunggu keputusan Komite Cipta Kerja.

“Kami dari pelaksana menunggu arahan dari komite berapa banyak dari 310.212 orang ini yang akan dipulihkan dan menjadi peserta Kartu Prakerja di gelombang 11. Jadi kami masih menunggu keputusan,” kata Denni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin mengatakan, dari kepesertaan yang dicabut itu, pihaknya langsung mengembalikan dana insentif yang dicairkan ke kas negara.

“Kita juga masih ada yang dicabut kepesertaannya. Dan itu sudah dikembalikan ke Kementerian Keuangan anggarannya,” jelas Rudy.

Rudy Salahuddin mengatakan, kemungkinan pendaftaran gelombang ke-11 dibuka sebelum akhir Oktober ini.

“Intinya kita terbuka dan siap apabila kita diminta untuk membuka gelombang ke-11, kita harus segera mengerjakan, tapi mungkin sebelum akhir bulan Oktober ini kita harus segera menyelenggarakan untuk pembukaan gelombang ke-11,” ungkapnya.

3. Insentif yang Sudah Cair Tembus Rp 3,9 T

Selain insentif yang batal cair, PMO mencatat hingga gelombang ke-10 sebanyak 5,59 juta masyarakat sudah lolos menjadi penerima program andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Lalu, sebanyak 5,19 juta penerima sudah membeli pelatihan, dan 4,77 juta penerima sudah menyelesaikan setidaknya 1 pelatihan.

Adapun insemtif yang sudah cair mencapai Rp 3,97 triliun insentif yang disalurkan kepada 4,55 juta penerima Kartu Prakerja.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews