Warsaw РAgen 007 James Bond ternyata bukan hanya tokoh fiktif buatan Ian Fleming saja. Polandia baru saja dibuat geger oleh sosok agen Inggris bernama James Bond.Dilansir Reuters, Kamis (24/9) tersangka agen Inggris bernama James Bond itu diketahui berada di dinas rahasia Yang Mulia di Polandia pada tahun 1960-an. Hal ini terungkap setelah Institut Peringatan Nasional (IPN) membeberkan sosok James Bond versi Polandia itu di media sosial.

Menurut arsip institut, James Bond datang ke Polandia pada 18 Februari 1964 dan secara resmi dipekerjakan sebagai pengarsip di Atase Militer Kedutaan Besar Inggris. Dia segera menjadi perhatian petugas kontra-intelijen Polandia.

“Kami tahu dia berada di Polandia pada tahun 1964 dan 1965,” ujar Marzena Kruk, direktur arsip IPN, kepada¬†Reuters.

“Dia beberapa kali bepergian di sekitar Polandia. Dia menyukai wanita, sama seperti nama fiksinya, tetapi bahkan tidak ada satu kata pun tentang Martini,” katanya, mengacu pada minuman favorit karakter James Bond di film.

Berbeda dengan tokoh James Bond di film dan bukunya, Bond versi Polandia ini lebih suka bir Polandia.

“Namun, ada informasi bahwa dia menyukai bir Polandia,” imbuhnya.

Bond berada di bawah pengawasan ketat, dan mengunjungi wilayah Bialystok dan Olsztyn di timur laut Polandia untuk mencoba dan “menembus fasilitas militer” di negara satelit Soviet, menurut arsip tersebut.

Namun, dia diketahui tidak melakukan kontak dengan warga Polandia, yang akan berdampak serius bagi orang-orang Polandia yang dicurigai bekerja dengan agen dari sisi lain negeri Tirai Besi.

Editor : Aron
Sumber : detik