PDIP akan mengumumkan paslon diusung di Pilwalkot Solo. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, calon yang akan diusung adalah calon yang mumpuni.
“Paslon yang akan diusung partai adalah calon mumpuni, dan partai siap bekerja sama dengan seluruh kekuatan politik guna menjaga kesinambungan kemajuan di Kota Surabaya,” kata Hasto dalam keterangannya, Rabu (2/9)
Dia memastikan kader PDIP Surabaya siap bertarung di Pilkada 9 Desember mendatang. Dia menyebut seluruh pilar partai akan bergotong royong memenangkan jagoan yang diusung PDIP.
“Meskipun akhir-akhir ini ada upaya yang terkesan mengeroyok PDI Perjuangan, namun kami memiliki keyakinan masyarakat Surabaya mengapresiasi kerja dan program nyata yang telah dilaksanakan Pak Bambang DH yang kemudian diteruskan Ibu Risma, dan akan dilanjutkan oleh paslon yang diputuskan,” tuturnya.
PDIP Umumkan Kandidat Pilwalkot Surabaya Pukul 14.00 WIB: Sosok Mumpuni  (1)
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat berkunjung ke kantor kumparan, Senin (25/11). Foto: Faisal Rahman/kumparan

Perhatian PDIP Terhadap Pilwalkot Surabaya

Hasto mengatakan PDIP memberikan perhatian terhadap Pilwalkot Surabaya dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Timur. Sebab, kontribusi suara dalam memenangkan Pileg dan Pilpres 2019 cukup signifikan.
“Hasil Pemilu tahun lalu di Jawa Timur menjadi modal bagi PDIP menghadapi sejumlah pilkada di wilayah Jawa Timur. Intinya semua bergerak memenangkan paslon. Semangat ini juga ditanamkan di seluruh Pilkada Serentak 2020,” pungkasnya.
Pengumuman paslon Pilwalkot Surabaya hari ini akan dimulai pukul 14.00. Nantinya pengumuman akan dibacakan oleh Ketua DPP Puan Maharani dan diakhiri dengan arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Proses pencalonan di Pilwalkot Surabaya memang terbilang alot. Pasalnya, untuk mempertahankan kandang Banteng, PDIP harus berhadapan dengan bakal cawalkot Machfud Arifin yang diusung seluruh parpol kecuali PDIP.
Ada sejumlah nama yang tengah digodok PDIP, mulai dari kader internal hingga eksternal. Setidaknya ada 15 nama yang tengah digodok sebagai cawalkot Surabaya pengganti Tri Rismaharini.
Dari sekian nama, ada yang menguat. Salah satunya adalah kader PDIP yang saat ini menjabat wakil Risma, Whisnu Sakti Buana. Sudah sejak lama nama Whisnu menjadi calon kuat dari internal sebagai cawalkot Surabaya.
Editor : Aron
Sumber : kumparan