Mempunyai waktu istirahat atau tidur yang berkualitas adalah hal penting untuk setiap orang. Untuk mendapatkannya, kamu harus melakukan beberapa hal yang akan membuat tidurmu lebih berkualitas, termasuk mengatur dekorasi kamar.
Dilansir dari Home and D├ęcor, dekorasi kamar dan wangi ruangan juga termasuk dalam beberapa faktor yang dapat membantu tidur kamu semakin berkualitas. Ingin mencobanya? Simak tips mengatur kamar tidur agar istirahat lebih nyaman seperti berikut ini ya.

1. Gunakan lampu warm white

Susah Tidur? Coba Atur Kamar dengan 5 Tips Ini Agar Istirahat Lebih Nyaman (1)
Ilustrasi kamar. Foto: Dok. OYO Indonesia
Untuk membuat suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman, gunakanlah cahaya lampu yang memberi kesan hangat dan lembut. Kamu, sebaiknya menghindari penggunaan cahaya yang terlalu terang. Ciptakan suasana yang akan membuat kamu merasa lebih rileks, serta membantu mempersiapkan diri untuk tidur.

2. Gunakan aromaterapi atau pewangi ruangan

Susah Tidur? Coba Atur Kamar dengan 5 Tips Ini Agar Istirahat Lebih Nyaman (2)
Ilustrasi aromaterapi. Foto: Shutter Stock
Aroma kamar tidur kerap kali terlupakan dan bahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran kita. Padahal elemen ini dapat memengaruhi suasana hati dan perasaanmu. Ada beberapa wewangian yang bisa membantumu lebih rileks dan santai, seperti aroma lavender, chamomile, dan lemon. Namun, akan lebih baik bila kamu memilih aroma yang sesuai dengan seleramu.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamar tidur lebih wangi. Kamu bisa menempatkan lilin yang akan memberikan aroma saat dinyalakan, menggunakan diffuser ruangan, ataupun memakai semprotan untuk kamar tidur.

3. Jangan bekerja di tempat tidur

Susah Tidur? Coba Atur Kamar dengan 5 Tips Ini Agar Istirahat Lebih Nyaman (3)
Ilustrasi Perempuan Bekerja di Tempat Tidur. Foto: Dok. Shutterstock
Bedakan tempat tidur dan tempat bekerja. Bila memungkinkan, usahakan tempat kerjamu tidak berada di ruangan yang sama untuk memastikan kamar tidurmu hanya sebagai tempat istirahat dan bersantai. Namun bila kamu tidak punya ruangan lebih untuk dijadikan tempat kerja, buatlah area khusus bekerja di kamarmu. Pastikan kamu tidak memilah dokumen, tagihan, dan pekerjaan lainnya di tempat tidur.

4. Percantik kamar tidur

Susah Tidur? Coba Atur Kamar dengan 5 Tips Ini Agar Istirahat Lebih Nyaman (4)
Ilustrasi Kamar Foto: Dok. Shutterstock
Kamu bisa menghias kamar tidur agar lebih menarik dan terlihat nyaman. Cobalah mulai memerhatikan barang-barang seperti bantal, selimut, ataupun karpet untuk menambah kenyamanan kamarmu. Penggunaan karpet bisa menyerap kebisingan sehingga suasana kamar tidur menjadi lebih tenang. Bila bantalmu terlalu banyak memakan ruang di tempat tidur, kamu bisa meletakkannya di kursi ataupun di area kosong dekat jendela.
Selain itu, penggunaan gorden tebal disebut mampu menghalangi lampu yang masuk dan mengurangi suara berisik dari luar. Namun, bila kamu kurang suka gorden tebal, kamu bisa menggunakan tirai agar lebih minimalis.

5. Tambahkan tanaman dalam ruangan

Susah Tidur? Coba Atur Kamar dengan 5 Tips Ini Agar Istirahat Lebih Nyaman (5)
Ilustrasi dekorasi tanaman di kamar tidur. Foto: Shutterstock
Tanaman bisa memberikan ketenangan di ruang manapun sehingga bisa digunakan pada kamar tidur. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan memiliki aroma yang wangi seperti melati. Aroma tersebut dikenal bisa membantu kamu untuk tidur. Selain itu, tanaman seperti rosemary dan mint juga bagus untuk kamar karena mampu menjernihkan udara di dalam ruangan. Namun, pastikan tanaman diletakkan di dekat jendela, ya, karena sebagian besar tanaman membutuhkan sinar matahari.
Editor : Parna
Sumber : kumparan