Memiliki ruang tamu yang sempit bukan berarti ruangan tersebut menjadi tidak menarik. Justru, kamu menjadi punya banyak pilihan unik untuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas sekaligus menarik.
Salah satunya adalah dengan memperhatikan pencahayaan yang cukup, hingga menaruh beberapa barang pada posisi yang tepat agar tidak membuat ruangan terlihat semakin sempit. Tetapi selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ruang tamu yang terlihat luas walaupun aslinya sempit.
Bagaimana caranya? Melansir Ideal Home, berikut tips dekorasi yang bisa kamu ikuti.
1. Letakkan cermin untuk memberi kesan luas
Tips Dekorasi: 5 Cara Buat Ruang Tamu Sempit Terasa Lebih Luas (1)
Letakkan cermin untuk memberikan kesan luas. Foto: Dok. Shutterstock
Kamu bisa menambahkan cermin pada dinding untuk memberikan ilusi ruang. Pilihlah bentuk dan ukuran cermin yang tepat untuk ruangan sesuai dengan suasana yang ingin ditunjukkan. Bentuk cermin horizontal akan membuat pandangan mata tertuju pada bagian dengan garis yang panjang, sedangkan vertikal membuat pandangan bergerak ke atas dan tertuju pada ketinggian.
Selanjutnya, pilihan bingkai cermin disesuaikan dengan konsep dekorasi ruangan yang telah direncanakan. Bila menginginkan ruangan yang tampak tegas, gunakanlah cermin dengan sudut 90 derajat. Sebaliknya, bila ingin memberikan kesan lembut pilihlah bingkai cermin yang melengkung. Untuk ruangan sempit, sebaiknya pilih ukuran cermin yang lebih besar agar bisa menutupi permukaan dinding.
2. Gunakan rak tempel pada dinding
Tips Dekorasi: 5 Cara Buat Ruang Tamu Sempit Terasa Lebih Luas (2)
Gunakan rak tempel untuk menghemat space. Foto: dok. Lazada
Jika ingin menambahkan kesan ruangan yang lebih luas, hindari memakai lemari atau rak yang diletakkan di area lantai. Pilihlah rak yang bisa ditempel atau digantung pada dinding rumah. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk menyimpan barang tanpa membutuhkan ruang yang banyak. Pastikan lantai bebas dari barang-barang yang berukuran besar dan tidak ada yang berserakan.
Tips Dekorasi: 5 Cara Buat Ruang Tamu Sempit Terasa Lebih Luas (3)
Pastikan ruang tamu punya penerangan cukup. Foto: Shutter Stock
Penerangan sangatlah penting agar ruangan tidak terlihat sempit dan berantakan. Kamu bisa menggunakan lampu gantung yang diletakkan tepat di atas meja yang menjadi pusat aktivitas selama berada di ruang tamu. Selain lampu, kamu juga bisa memilih warna dinding yang lebih terang untuk menampilkan ruangan yang segar dan tidak suram. Ideal Home merekomendasikan warna pastel, seperti abu-abu dan pink muda, serta disarankan menggunakan warna putih terang.
4. Tambahkan dekorasi yang menarik
Tips Dekorasi: 5 Cara Buat Ruang Tamu Sempit Terasa Lebih Luas (4)
Tambahkan dekorasi menarik yang tidak makan tempat. Foto: Shutterstock
Mungkin kamu memiliki banyak barang yang tersimpan di gudang atau nyaris terlupakan. Sekarang saatnya untuk menggunakan barang-barang tersebut sebagai tambahan dekorasi di ruang tamu. Namun, pastikan barang yang kamu gunakan tidak memakan banyak tempat dan bisa digantung di dinding.
Dekorasi yang memanjang secara vertikal bisa membantu ruangan kamu terlihat lebih tinggi. Sedangkan untuk kamu yang ingin membuat ruang tamu terlihat nyaman dan hangat, disarankan menggunakan furnitur klasik dan bergaya tradisional. Pemilihan dekorasi yang tepat bisa membuat pikiran tidak fokus pada ruangan sempit.
5. Atur tata letak sofa
Tips Dekorasi: 5 Cara Buat Ruang Tamu Sempit Terasa Lebih Luas (5)
Atur posisi sofa di ruang tamu. Foto: Shutterstock
Pengaturan posisi dan pemilihan jenis sofa bisa menjadi cara untuk mengoptimalkan ruangan yang tersedia. Meskipun ruangan sempit, tentu saja kamu ingin ruang tamu bisa digunakan dengan nyaman ketika berkumpul bersama keluarga, sahabat, ataupun rekan lainnya. Sofa berbentuk L sangat direkomendasikan untuk digunakan pada ruangan sempit. Letaknya pun disarankan ditaruh pada sudut ruang tamu yang menempel di dinding agar ruangan tampak lebih luas.
Bagaimana Ladies, tertarik mengikuti tips ini?
Editor : Parna
Sumber : kumparan