RB Leipzig sukses menyegel satu tiket ke babak semifinal Liga Champions 2019/20. Hasil itu Die Roten Bullen dapatkan usai mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 2-1 saat bentrok di Estadio Jose Alvalade, Portugal, Jumat (14/8) dini hari WIB.
Gol-gol Leipzig diciptakan oleh Dani Olmo (50′) dan Tyler Adams (88′). Sementara gol pelipur lara Atletico dicetak Joao Felix (71′) dari titik putih.
Hasil Liga Champions: Gol Menit Akhir RB Leipzig Kandaskan Atletico Madrid (1)
Pertandingan perempat final Liga Champions antara RB Leipzig vs Atletico Madrid di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. Foto: Lluis Gene/Reuters
Leipzig menurunkan Yussuf Poulsen sebagai penyerang tunggal. Striker Timnas Denmark itu dibantu duo Dani Olmo dan Christopher Nkunku di belakangnya.
Atletico memilih bermain dengan skema 4-4-2. Marco Llorente berduet dengan Diego Costa di pos depan. Kemudian ada Hector Herrera dan Saul Niguez cs. yang siap mengirim bola dari belakang.
Meski tanpa Timo Werner, Leipzig tampil berbahaya. Wakil dari Jerman itu mendominasi penguasaan bola dan beberapa kali mengancam gawang Atletico yang dikawal Jan Oblak.
Sementara Atletico berusaha melambatkan tempo permainan dengan lebih banyak memainkan bol di sisi lapangan bagian mereka. Atletico banyak menggunakan crossing untuk mencari celah di pertahanan RB Leipzig.
Hasil Liga Champions: Gol Menit Akhir RB Leipzig Kandaskan Atletico Madrid (2)
Pertandingan perempat final Liga Champions antara RB Leipzig vs Atletico Madrid di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. Foto: Lluis Gene/Reuters
Usaha Atletico membongkar pertahanan Leipzig nyaris berbuah gol di menit 33. Yannick Carrasco mendapat peluang bikin gol setelah melakukan one-two dengan Costa. Tetapi, usaha itu masih nihil.
Lagaa berjalan alot. Masing-masing tim kesulitan membongkar pertahanan lawan. Puncaknya, Stefan Savic dan Marcel Halstenberg terkapar akibat adu sundul. Insiden ini membuat pertandingan disetop sementara.
Setelah laga dimulai lagi, Leipzig dan Atletico banyak bertarung di tengah lapangan. Namun, kedua tim belum bisa memecah kebuntuan dan skor 0-0 bertahan sampai turun minum.
Hasil Liga Champions: Gol Menit Akhir RB Leipzig Kandaskan Atletico Madrid (3)
Pertandingan perempat final Liga Champions antara RB Leipzig vs Atletico Madrid di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal. Foto: Lluis Gene/Reuters
Kembali dari ruang ganti, Leipzig langsung beraksi. Mereka sukses unggul di menit ke-50 lewat Dani Olmo yang menyambut bola kiriman Marcel Sabitzer.
Tertinggal satu gol membuat Atletico mengubah taktik. Mereka bermain lebih ofensif dan langsung mendapat peluang menyamakan kedudukan lewat Llorente. Tetapi, usaha itu kandas akibat pressing ketat dari Dayot Upamecano.
Tak cuma mengubah gaya bermain Atletico, Diego Simeone juga mengganti susunan pemain. Dia menarik keluar Herrera dan menurunkan Joao Felix sebagai gantinya.
Langkah ini terbukti jitu. Felix mencetak gol penyeimbang lewat titik putih di menit ke-71. Wasit memberi Atletico hadiah tendangan penalti setelah Felix dilanggar Klostermann di dalam kotak terlarang.
Sukses membobol gawang Leipzig membuat Atletico semakin ganas. Sebaliknya, Leipzig mulai mengendurkan serangan dan lebih banyak bergantung pada serangan balik.
Taktik itu sukses membuat Atletico kecolongan. Leipzig kembali unggul di menit ke-88 lewat gol Tyler Adams. Gol tercipta lewat serangan balik yang dipimpin Sabitzer.
Dari Sabitzer bola sampai ke Angelino yang meneruskannya ke Adams. Pemain asal Amerika Serikat itu lalu melepaskan tendangan keras yang menghantam Savic sebelum mendarat di dalam gawang.
Kembali tertinggal Atletico makin beringas. Apalagi waktu yang tersisa tinggal beberapa menit saja. Mereka bermain dengan tempo cepat dan memaksa Leipzig bertahan habis-habisan.
Namun demikian, skor 2-1 bertahan sampai pertandingan selesai. Leipzig melaju ke babak semifinal Liga Champions 2019/20.
Editor : Aron
Sumber : kumparan