Penyakit kardiovaskular atau jantung dapat dicegah dengan menjalankan gaya hidup yang sehat. Tidak hanya rajin berolahraga, kita juga harus dapat memerhatikan setiap hal yang tubuh kita konsumsi setiap harinya.
Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke adalah trigliserida. Jika kadar trigliserida dalam darah tinggi, risiko terserang penyakit jantung dan stroke juga turut meningkat.
Dilansir dari Spring, suplemen minyak ikan omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Dilaporkan bahwa mengonsumsi suplemen secara teratur dapat berdampak baik pada tubuh manusia secara jangka panjang.
Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa tubuh membutuhkan setidaknya 4 gram suplemen omega-3 per hari. Jumlah tersebut disebut dapat menurunkan kadar trigliserida yang juga dikenal sebagai lemak dalam darah.
Tigliserida sebenarnya disekresi secara alami oleh organ hati. Namun, beberapa makanan seperti nasi, minyak, susu, dan keju juga dapat membuat jumlah lemak dalam darah meningkat.
Lemak sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Lemak dalam darah ini berfungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh manusia. Ketika jumlah karbohidrat dalam tubuh menurun, lemak ini lah yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh.
Namun begitu, kadar trigliserida yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi tubuh. Lemak tersebut dapat membuat dinding pembuluh darah menebal dan menghambat sirkulasi darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.
Cegah Penyakit Jantung dan Stroke dengan Konsumsi Suplemen Omega-3 (2)
Serangan jantung. Foto: Discovery
Suplemen omega-3 dapat berupa asam eikosapentaenoat (EPA) atau asam docosahexaenoic (DHA). Beberapa suplemen bahkan merupakan kombinasi EPA + DHA.
Menurut Dr. Ann Skulas-Ray, periset utama dalam studi ini, jumlah konsumsi harian suplemen omega-3 sebanyak 4 gram terbukti aman dikonsumsi bersamaan dengan obat statin yang umum digunakan untuk menurunkan kolesterol.
Kadar trigliserida 200 mg/dL atau lebih besar akan menyebabkan penyempitan arteri, suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Kondisi ini pada akhirnya akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Jika kadar trigliserida mencapai di atas 500 mg / dL, hal itu dapat menyebabkan peradangan pada organ pankreas (pankreatitis).

Sumber Omega-3 Alami

Cegah Penyakit Jantung dan Stroke dengan Konsumsi Suplemen Omega-3 (3)
Sumber lemak omega-3 alami. Foto: Shutterstock
Ikan adalah sumber utama asam lemak omega-3. American Heart Association merekomendasikan untuk memakan ikan setidaknya 2 porsi dalam sepekan.
Ikan salmon, trout, herring, pilchard, sarden, ikan teri, mackerel, sprat, dan tuna albacore semuanya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.
Suplemen EPA yang dikombinasikan dengan obat statin untuk kemudian dikonsumsi oleh orang dengan trigliserida tinggi, telah terbukti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke sebesar 25 persen.
Temuan tersebut sekaligus menunjukkan bahwa suplemen asam lemak omega-3 dapat mengurangi kadar trigliserida secara efektif pada orang yang memakai statin ataupun tidak.
Makanan tinggi lemak, makanan olahan, alkohol, produk bergula, dan karbohidrat olahan semuanya dapat meningkatkan kadar trigliserida. Mulai dari keripik, margarin, makanan yang digoreng, popcorn, kue kering, daging, sereal manis, pizza, dan pai adalah contoh makanan yang mengandung trigliserida tinggi.
Editor : Parna
Sumber : kumparan