Bintang NBA LeBron James ikut bergembira merayakan gelar juara Liga Inggris yang sukses diraih Liverpool. James selama ini memang merupakan salah seorang figur terkenal yang memiliki sebagian saham klub berjulukan The Reds tersebut.

Gelar Liga Premier Inggris pertama Liverpool dalam 30 tahun terakhir ini ikut dirasakan sebagai kesuksesan James. Bintang Los Angeles Lakers ini memiliki 2% saham di klub tersebut.

Setelah pesaing terdekat, Manchester City, kalah dari Chelsea pada hari Kamis 25 Juni 2020 lalu, The Reds pun berhak mengangkat trofi juara. James yang telah menjadi pemegang shaam sejak tahun 2011 pun meluapkan kebahagiaannya di Twitter.

ā€œLiverpool juara Liga Inggris!! Ayo!!!!ā€ tulis LeBron dengan berbagai menyertakan emoji yang menggambarkan perasaan bahagianya saat itu.

James bergabung dengan pengusaha John Henry dan Tom Werner yang membeli Liverpool seharga 477 juta US dolar (sekitar 6,8 triliun rupiah) April 2010. Di bawah bendera Fenway Management, The Reds sukses menjuarai Liga Champions pada tahun 2019 lalu sebelum akhirnya mengunci gelar Liga Premier Inggris 2020.

Dengan 2% sahamnya di Liverpool, James berhak mengantongi keuntungan sebesar 6,5 juta US dollar (sekitar 92 miliar rupiah) per tahun. Angka itu bisa jadi akan meningkat di beberapa tahun ke depan sebab nilai jual klub ini terus naik dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dilansir Forbes, nilai jual Liverpool saat ini mungkin sekitar 2,183 miliar US dolar (sekitar 31 triliun). James memang jeli sebagai pebasket sekaligus pebisnis.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan