ARIZONA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengunjungi Arizona untuk menandai penyelesaian pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko sepanjang ratusan kilometer. Trump mengklaim tembok perbatasan ini telah ‘menghentikan semuanya’ termasuk virus Corona (COVID-19).
“Perbatasan kita tidak pernah lebih aman,” ucap Trump dalam kunjungan itu, seperti dilansir AFP, Rabu (24/6/2020).

“Ini merupakan struktur tembok perbatasan yang paling kuat dan komprehensif di manapun di dunia,” klaim Trump sebelum mengunjungi langsung salah satu bagian tembok perbatasan.

Diketahui bahwa tembok perbatasan sepanjang lebih 200 mil atau 322 kilometer telah dibangun di area Yuma, Arizona. “Tembok perbatasan itu memiliki teknologi yang bahkan tidak akan dipercayai oleh siapa pun, antara sensor dan kamera dan yang lainnya,” sebut Trump.

Trump menyebut bahwa setidaknya 450 mil (724 km) tembok perbatasan akan diselesaikan pada akhir tahun ini. “Kita akan sangat dekat dengan 500 mil (804 km),” ujarnya.

Diklaim juga oleh Trump bahwa tembok perbatasan ini telah mengurangi praktik perdagangan manusia dan penyelundupan narkoba dari Meksiko. Bahkan, lanjut Trump, tembok perbatasan ini juga membantu mencegah ‘bencana virus Corona di perbatasan selatan’.

“Itu menghentikan COVID, itu menghentikan semuanya,” klaim Trump merujuk pada tembok perbatasan AS-Meksiko.

Kunjungan Trump ke Arizona ini dilakukan saat negara bagian ini mencatat rekor 3.591 kasus Corona dan 42 kematian.

Editor: PARNA
Sumber: detiknews