JAKARTA – Pertarungan Anthony Joshua vs Tyson Fury dalam unifikasi gelar juara dunia tinju kelas berat bakal menjadi duel terbesar dalam sejarah tinju Inggris.

Joshua dan Fury, yang disebut sudah menyepakati dua pertarungan, merupakan petinju papan atas saat ini. Kedua petinju berasal dari Inggris dan menjadi penyandang gelar juara kelas berat. Joshua memegang sabuk versi IBF, WBO, dan WBA, sementara Fury menyandang gelar versi WBC.

Tak hanya memiliki predikat juara, Joshua dan Fury juga punya rekor naik ring yang mentereng. Joshua tercatat 23 kali menang dan hanya satu kali kalah. Satu-satunya kekalahan diderita dari Andy Ruiz pada Juni 2019 yang langsung dibalas pada Desember tahun lalu sehingga AJ kembali meraih tiga sabuk juara.

Sedangkan Fury menang 30 kali dan seri sekali. Noda satu hasil imbang didapat Fury saat melawan Deontay Wilder pada Desember 2018. Gypsy King kemudian menang TKO atas Wilder pada pertarungan kedua, Februari 2020.

Kendati hanya memiliki satu sabuk juara, Fury tercatat sebagai petinju kelas berat nomor satu versi majalah tinju terkemuka, The Ring.

Pertemuan Joshua dan Fury disebut sebagai pertarungan bersejarah oleh promotor Eddie Hearn yang memprakarsai duel.

“Ini adalah pertarungan terbesar dalam dunia tinju di Inggris. Tidak ada yang lebih besar lagi dalam generasi kita. Dua orang, yang sangat berbeda, yang bertarung secara berbeda, memiliki pengalaman berbeda dan mereka bangkit dari kesulitan,” ucap Hearn dikutip dari SkySport.

Belum pernah ada dalam sejarah tinju modern dua juara dunia kelas berat asal Inggris bertemu di atas ring.

Selain nama masyhur, duel Joshua vs Fury juga dianggap sebagai yang terbesar lantaran jumlah bayaran kedua juara tinju tersebut yang diperkirakan bakal mendapat bayaran nyaris Rp1 triliun.

“Orang-orang ini [Joshua dan Fury] akan mendapat sekitar US$60-70 juta dari satu pertarungan, kalikan dua jika ada rematch, dalam satu tahun,” kata promotor Fury, Frank Warren, dikutip dari ESPN.

Fury pun menyebut pertarungan melawan Joshua merupakan sejarah besar dalam dunia tinju di Inggris melalui unggahan video di akun media sosial.

Belum diketahui pasti mengenai lokasi dan waktu pertarungan Joshua vs Fury. Hearn hanya menyebut duel berlangsung akan pada pertengahan tahun 2021.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia