JAKARTA – Xiaomi resmi mendaratkan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro di Indonesia. Ponsel dibekali dengan desain kamera dengna empat lensa (quad camera), Redmi Note 9 dengan kamera utama 48MP dan Redmi Note 9 Pro dengan kamera utama 64MP.

Redmi Note 9 memiliki layar IPS FHD+ berukuran 6,53 inci dengan desain punch-hole atau DotDisplay di sudut kiri atas sebagai tempat kamera selfie 13 MP. Kamera selfie dibekali dengan AI beautify, panorama selfie, palm shutter, portrait selfies hingga face unlock.

Ponsel dibekali dengan kamera utama Samsung GM1 48MP, ultra-wide 8MP, lensa makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP. Pada bagian belakang juga ditempatkan pemindai sidik jari.

Empat lensa kamera disusun dengan modul berbentuk persegi. Di bawah modul terdapat sensor pemindai sidik jari.

“Desain dibekali dengan lapisan nano spesial untuk melindungi dari percikan air. Dibekali juga dengan Corning Gorilla Glass 5,” kata Country Manager Xiaomi Indonesia, Alvin Tse saat peluncuran Xiaomi Mi 10 secara virtual, Selasa (9/6).

Dari sisi dapur pacu, Redmi Note 9 dibekali dengan cipset MediaTek Helio G85 yang terdiri dari CPU octa-core dan GPU Mali-G52.

Chipset dikombinasikan dengan dua varian memori, yaitu RAM 4GB+ROM 64GB dan RAM 6GB+ROM 128GB. Penyimpanan bisa diperluas dengan Micro SD hingga 512 GB.

“Xiaomi membawa hal pertama ke Indonesia, yakni Helio G85 yang didesain khusus untuk gamer. Performa menunjukkan 19 persen peningkatan dibandingkan Redmi Note 8” ujar Alvin.

Ponsel dibekali dengan piranti lunak tambahan seperti pemindai dokumen, bingkai foto sinematik, hingga filter foto kaleidoskop.

Baterai berkapasitas 5.020 mAh dibenamkan bersama dengan pengisian daya cepat 18 watt bawaan yang tersedia di dalam boks.

“Baterai bisa tahan selama 2 hari. 11 jam untuk gaming, 17 jam pemutaran video,” kata Alvin.

Ponsel hadir dengan warna Forest Green, Polar White, dan Midnight Grey. Varian 4GB+64GB dibanderol dengan harga Rp2,5 juta, sedangkan varian 6GB+128GB dibanderol dengan harga Rp2,9 juta. Penjualan pertama akan dilakukan pada 17 Juni 2020.

Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 Pro dibekali dengan layar IPS 6,67 inci FHD+. Bagian depan dan belakang ponsel dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5. Berbeda dengan Redmi Note 9, pemindai sidik jari ditempatkan di samping kanan ponsel.

Menyoal kamera, ponsel dibekali dengan kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP 119 derajat FoV, kamera makro 5MP, dan kamera bokeh 2MP.

Kamera juga dilengkapi dengan dual LED Flash. Sementara itu, sensor kamera depan Redmi Note 9 Pro adalah 16 MP yang dilengkapi dengan fitur slow motion selfie. Redmi Note 9 Pro ini juga mendukung fotografi RAW bagi fotografer dan mode malam yang sudah ditingkatkan.

“Kamera ultra wide 119 derajat ditingkatkan dari Redmi Note 9 dengan 118 derajat. Kamera makro juga ditingkatkan jadi 5MP untuk gambar lebih detail,” kata Alvin.

Di sisi dapur pacu, Redmi Note 9 Pro dibekali dengan prosesor terbaru milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 720G 8nm. Cipset dikombinasikan dengan dengan dua varian memori, yaitu RAM 6GB+ROM 64GB dan RAM 8GB+ROM 128GB. Penyimpanan bisa diperluas dengan Micro SD hingga 512 GB.

“Untuk pertama kalinya kami menghadirkan Snapdragon 720G. Dibandingkan generasi sebelumnya, performa CPU single core ini meningkat 40 persen. Performa AI meningkat 115 persen,” tutur Alvin.

Kapasitas baterai Redmi Note 9 Pro sama dengan Redmi Note 9, keduanya sama-sama dibekali kapasitas sebesar 5.020 mAh. Khusus Redmi Note 9 Pro, didukung pengisian cepat 30 watt bawaan.

“Pengisian daya dapat mengisi 50 persen dalam kurang dari 30 menit. Cukup mengisi 30 menit, bisa digunakan berjam-jam,” kata Alvin

Redmi Note 9 Pro hadir dengan warna Glacier White, Interstellar Grey, dan Tropical Green. Khusus di Indonesia, Xiaomi memberikan fitur NFC pada Redmi Note 9 Pro.

Varian 6GB+64GB dibanderol dengan harga Rp3,5 juta, sedangkan varian 8GB+128GB dibanderol dengan harga Rp3,9 juta. Penjualan pertama akan dilakukan pada 17 Juni 2020.

Kedua perangkat sebelumnya telah diperkenalkan di negara asal mereka, China pada Mei 2020 lalu dirilis juga di India. Di kancah global, Redmi Note 9 dibanderol mulai harga US$199 atau sekitar Rp3 juta. Sedangkan Redmi Note 9 Pro dihargai mulai US$269 atau sekitar Rp4 juta.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia