JAKARTA – Kota Cannes yang terkenal sebagai lokasi Cannes Film Festival (Festival Film Cannes) masuk dalam kawasan pesisir Prancis yang disebut Côte d’Azur atau French Riviera.

Sayangnya tahun ini Festival Film Cannes terpaksa dibatalkan akibat pandemi virus corona yang masih melanda dunia.

Cannes bukan satu-satunya kota dalam kawasan French Riviera, karena juga termasuk Kota Nice, Antibes, Èze, Menton, Villefranche-sur-mer, Monako, dan Monte-Carlo.

Dari Paris, turis bisa naik pesawat, kereta, atau bus untuk bisa menjangkau kota-kota tersebut.

Kalau punya tenaga lebih, silakan road trip dengan kendaraan sewa.

Tak cuma bintang film seperti Timothy Chalamet atau Zoe Kravitz saja yang bisa liburan di French Riviera, karena ada banyak cara untuk berhemat sembari wisata di sini – selain menyisihkan dana untuk tiket pesawat dan visa tentunya, seperti yang dikutip dari OneWorld365 dan berbagai sumber lainnya:

1. Kereta

Perjalanan mengelilingi French Riviera sangat disarankan menggunakan kereta, bus, atau trem. Jangan harap bisa menghemat dana dengan naik taksi.

Jika berusia 18-27 tahun, perusahaan kereta api Prancis (SNCF) menawarkan diskon kartu tiket hingga 30 persen.

Transportasi umum di French Riviera terintegrasi dari satu kota ke kota lainnya, sehingga tak perlu memaksakan diri untuk menginap di Cannes – seperti yang akan dijelaskan di poin ke-dua.

2. Hotel

Kalau punya dana lebih, silakan saja memilih tempat penginapan di Cannes atau Monako.

Namun bagi yang ingin berhemat, bermalam di kota-kota French Riviera yang lain sepertinya lebih murah. Contohnya di Nice.

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, keliling French Riviera nantinya bakal bisa dilakukan naik kereta, bus, atau trem.

Kalau datang beramai-ramai bisa bermalam di rumah sewa seperti yang banyak ditawarkan di Airbnb.

Selain rumah sewa, ada lebih banyak pilihan hotel atau hostel di Nice.

3. Makan

Hindari makan di restoran-restoran French Riviera jika tak ingin mendadak lemas saat melihat bon pembayarannya.

Masakan khas Prancis, seperti fougasse, socca, salade nicoise, dan barbagiuan, yang dijual oleh pedagang kaki lima bisa diandalkan untuk mengisi perut sembari mengencangkan ikat pinggang selama liburan di French Riviera.

Penggemar keju, kopi, atau wine juga jangan bersedih hati, karena tetap bisa menikmatinya dengan harga terjangkau di lapak-lapak “pasar kaget” yang buka setiap harinya.

4. Vitamin ‘Sea’

Sebelum datang ke French Riviera pastikan kalau Anda gemar beraktivitas di bawah sinar matahari, karena kawasan ini disinari matahari hampir sepanjang tahun.

Ada kegiatan wisata gratis yang bisa dilakukan di sini, salah satunya bermain di beragam pantainya.

Setelah dari pantai, bisa juga mendaki bukit untuk melihat pemandangan dari ketinggian, mengunjungi gereja kuno, atau duduk-duduk di taman.

Jadi, belanja di butik mewah bukan satu-satunya kegiatan yang bisa dilakukan di French Riviera.

5. Belanja

Turis yang juga berprofesi sebagai tukang jastip bisa datang ke kawasan La Croisette di Cannes untuk belanja produk fesyen mewah.

Sementara itu kawasan Rue d’Antibes diisi dengan butik-butik desainer lokal yang tak kalah bergengsi. Gerai fast-fashion seperti H&M, Zara, atau Mango juga bisa ditemukan di sini.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia