JAKARTA – Bundesliga 2019/2020 bakal bergulir lagi bulan ini dengan tanpa penonton. Borussia Dortmund mengakui bahwa ini sebuah tantangan.
Teka-teki kelangsungan Bundesliga akibat pandemi virus corona akhirnya terjawab. Roda kompetisi sepakbola di Jerman ini sudah mendapat izin untuk diputar kembali.

Kanselir Jerman, Angela Merkel, memberikan izin kepada Bundesliga setelah mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Liga Jerman (DFL), Rabu (6/5/2020) malam WIB. Dalam pertemuan itu hadir juga seluruh klub Bundesliga dan Bundesliga 2.

Kemungkinan besar Liga Jerman 2019/2020 baru bisa bergulir lagi pada 22 Mei atau paling lambat 29 Mei dan tanpa penonton. Meski demikian, bakal ada protokol kesehatan ketat diberlakukan termasuk tes COVID-19 untuk seluruh pemain setiap pekannya.

Dortmund senang dengan kabar Bundesliga bakal bergulir lagi. Kepala eksekutif klub, Hans-Joachim Watzke, menilai ini adalah sebuah tantangan.

“Harus bermain tertutup adalah tantangan besar, terutama untuk klub seperti Dortmund, yang menyedot banyak kekuatan dari semangat para pendukungnya,” kata Hans-Joachim Watzke dikutip dari situs resmi klub.

“Secara ekonomi tidak mungkin bagi klub untuk mengizinkan Bundesliga berhenti sampai penonton diizinkan kembali ke stadion,” sambungnya.

Saat dihentikan Maret lalu, Bundesliga baru berjalan 25 pekan. Puncak klasemen dikuasai Bayern Munich dengan 55 poin, unggul empat poin atas Borussia Dortmund di posisi kedua dan lima poin atas RB Leipzig di posisi ketiga.

“Kami sangat senang bahwa orang-orang di Jerman, khususnya di Dortmund dan daerah sekitarnya, telah bertindak pada dirinya sendiri beberapa minggu terakhir ini dengan sangat baik. Sehingga penyebaran pandemi setidaknya dapat diatasi,” ujarnya.

“Hanya berkat disiplin yang luar biasa dari bagian populasi yang kita dapat sekarang, secara bertahap dan dalam langkah-langkah kecil, beralih ke bentuk normalitas lainnya,” Hans-Joachim Watzke menegaskan.

Editor: PARNA
Sumber: detiksport