BATAM – Jemaat gereja HKBP Lubuk Baja, Kota Batam, menggelar simulasi pencegahan mewabahnya virus corona di kalangan jemaat, Mingggu (8/3/2020) pagi.

Sosialisasi pencegahan virus corona di kalangan jemaat ini sesuai surat edaran yang dikeluarkan pimpinan tertinggi gereja HKBP, Ephorus Pdt Dr. Darwin Lumban Tobing, agar jemaat memperhatikan pentingnya pengetahuan pencegahan virus corona.

Jemaat HKBP Lubuk Baja melakukan simulasi dengan peragaan mulai mencuci tangan dengan benar dan penggunaan masker oleh dr Sanny Tiurniari Sianturi dari Dinas Kesehatan Kota Batam yang didampingi oleh tim medis.

Menurut penjelasan dr Sanny, pencegahan masuknya virus corona dimulai dari hal-hal kecil, misalnya mencuci tangan dengan benar dan menggunanan masker bagi yang batuk maupun bersin

“Pencegahan menularnya virus corona dimulai dari hal yang sederhana dengan cara mencuci tangan dengan benar atau istilah biar gampang diingat yaitu ‘TEPUNG SELACI PUPUT’,” ujar Sanny.

Sanny menambahkan istilah TEPUNG SELACI PUPUT dimaksud adalah telapak tangan: gosok kedua telapak tangan, punggung tangan gosok punggung dan sela-sela jari sisi luar tangan kiri dan sebaliknya, sela-sela jari gosok telapak tangan dan sela-sela jari sisi dalam, (Kunci) jari jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci dan (Putar) gosok ibu jari tangan kiri dan berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya.

Putar: rapatkan ujung jari tangan kanan dan gosokkan pada telapak tangan kiri dengan cara memutar mutar terbalik arah jarum jam, lakukan pada ujung jari tangan sebaliknya.

Hal senadah disampaikan Pendeta Belman Hutahaean, tidak perlu atau ketakutan berlebihan sehingga harus merubah kebiasaan lazimnya di gereja bersalaman menjadi tidak menyalam.

“Tidak perlu panik dan takut dengan mewabahnya virus corona, sehingga harus mengubah kebiasaan bersalaman dan menggunakan masker saat beribadah di gereja, mari bersalaman saat usai ibadah,” tegas Belman.

Editor: PARNA
Sumber: batamtoday