Sebuah pemandangan tak biasa dan langka baru saja terekam kamera di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Seekor babun jantan terlihat sedang membawa seekor anak singa dari sebuah pohon besar di sana.

Setelah membawanya melintasi beberapa cabang pepohonan, babon jantan tersebut berhenti dan bersikap seperti merawat anak singa tersebut, seolah-olah seperti anaknya sendiri. Kejadian ini pun direkam dan diamati oleh salah satu operator, Kurt Schultz.

Pada awalnya, Schultz mengira itu adalah babun betina yang sedang membawa dan memanjakan bayi kecilnya. Namun, ketika dilihat lebih jelas, Ia baru menyadari bahwa itu adalah babun jantan yang sedang membawa seekor anak singa jantan.

“Babun jantan memberi perawatan pada singa-singa, seperti halnya babun betina akan melakukannya pada bayi mereka,” kata Schultz. “Dalam 20 tahun saya bekerja di sini, saya telah menyaksikan babun ganas yang membunuh anak macan tutul dan mendengar tentang babun yang membunuh anak singa, namun tidak pernah diperhatikan,” tambahnya.

0_Banner (3).jpg

Schultz yang khawatir mengatakan, bahwa anak singa tersebut terlihat seperti kelelahan, namun tidak ada luka luar yang terlihat. Kemungkinan besar adanya cedera internal yang menimpanya. Ia menyatakan bahwa Ia tidak melihat bayi singa jantan tersebut memiliki peluang selamat. Jika anak singa tersebut terus dipegang oleh si babun, maka para singa-singa dewasa tidak akan bisa mendapatkannya.

Terlepas dari kekhawatirannya, akan ada kelangsungan hidup anak singa tersebut di bawah asuhan ‘ibu’ barunya. Schultz juga mengatakan bahwa penting untuk tidak ikut campur tangan. Karena menurut dia, alam punya caranya tersendiri, kita tidak bisa terlibat di dalamnya.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan