Pendapatan gaji bintang Barcelona, Lionel Messi, dalam satu bulan hampir mendekati harga hak siar Liga 1 Indonesia dalam semusim.

Dikutip dari koran olahraga Perancis, L’Equipe, Jumat (7/2/2020), Lionel Messi saat ini memuncaki daftar pemain dengan pendapatan gaji tertinggi di dunia.

Messi disebut mendapat gaji kotor sebesar 8,3 juta euro atau setara Rp 124 miliar per bulan. Jika dibandingkan dengan harga hak siar Liga 1 dalam semusim, gaji Messi hanya terpaut Rp 54 miliar. Harga hak siar Liga 1 ini diungkapkan oleh salah satu Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hasani Abdul Gani, Selasa (4/2/2020).

Menurut Hasani, harga hak siar Liga 1 saat ini berada di kisaran 12 sampai 13 juta dollar AS atau setara Rp 178 miliar. Pernyataan Hasani keluar untuk menanggapi komentar Mantan Direktur Utama TVRI, Helmi Yahya, yang menyebut harga hak siar Liga 1 lebih mahal dari Liga Inggris. “Pak Helmy Yahya itu tidak langsung membeli hak siar Liga Inggris.

TVRI membelinya lewat Mola TV dan tidak semua pertandingan disiarkan,” kata Hasani.

“Harga hak siar Liga Inggris itu mencapai 40 juta dollar. Sementara Liga 1 Indonesia berada di kisaran 12 sampai 13 juta dollar,” ujar Hasani menambahkan. Di musim ini, hak siar Liga 1 Indoneia masih dipegang oleh Indosiar dari grup Emtek. 2020 adalah tahun kedua Liga 1 disiarkan langsung oleh Indosiar dari kontrak selama tiga musim sejak 2019.

Dalam daftar gaji yang dirilis L’Equipe, Messi unggul jauh dari rivalnya, Cristiano Ronalo, yang menempati urutan kedua. Messi unggul hampir dua kali lipat dari Ronaldo yang mendapat gaji 4,5 juta euro atau setara Rp 67,5 miliar per bulan di Juventus. Di urutan ketiga terdapat pemain termahal dunia milik Paris Saint-Germain, Neymar, dengan pendapatan 3 juta euro per bulan.

Berikut adalah daftar pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia seperti yang dirilis L’Equipe:

Lionel Messi (Barcelona) – 8,3 juta euro/bulan

Cristiano Ronaldo (Juventus) – 4,5 juta euro/bulan Neymar (PSG) – 3 juta euro/bulan

Antoine Griezmann (Barcelona) – 3 juta euro/bulan Luis Suarez (Barcelona) – 3 juta euro/bulan

Gareth Bale (Real Madrid) – 2,5 juta euro/bulan Eden Hazard (Real Madrid) – 2,5 juta euro/bulan

Kylian Mbappe (PSG) – 1,9 juta euro per bulan Ket*: (Gaji kotor, 1 euro = Rp15.000)

Editor: PARNA
Sumber: kompascom