Abu Dis, nama ini asing di telinga masyarakat dunia. Namun belakangan, kota ini jadi bahan perbincangan. Tidak lain karena Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuknya jadi ibu kota negara Palestina kelak.

Tentu saja keputusan Trump itu menuai penolakan. Pasalnya, Palestina menegaskan ibu kota mereka adalah Yerusalem, bukan Abu Dis.

Kota Abu Dis Palestina

Mengutip Reuters, Kamis (30/1), Abu Dis hanya selemparan batu dari Kota Tua Yerusalem yang memuat kompleks Masjidil Aqsa. Bahkan warga Abu Dis bisa melihat Kubah Emas dari rumah mereka. Walau dekat dengan situs suci umat tiga agama itu, tapi nuansa religi tidak terasa di Abu Dis.

Abu Dis adalah wilayah permukiman Palestina dengan jalanan menuju kota Jericho. Dari Yerusalem ke Abu Dis seharusnya hanya butuh beberapa menit saja berkendara, tapi nyatanya memakan waktu lama.

Kota Abu Dis Palestina

Pasalnya, Abu Dis dan Yerusalem dipisahkan oleh tembok tinggi buatan Israel. Mereka yang ingin menuju Abu Dis dari Yerusalem atau sebaliknya harus melalui pemeriksaan tentara Israel.

Abu Dis seharusnya masuk ke wilayah Yerusalem. Namun setelah Yerusalem Timur dicaplok oleh Israel pada 1967 –langkah yang dikecam masyarakat internasional– Abu Dis dan Yerusalem dipisahkan oleh tembok tinggi.

Kota Abu Dis Palestina

Editor: PARNA
Sumber: kumparan