Juventus harus menanggung malu kekalahan 1-2 saat melawan Napoli di San Paolo, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. Gol-gol Napoli diciptakan Piotr Zielinski dan Lorenzo Insigne. Sementara, gol semata wayang Juventus muncul dari Cristiano Ronaldo.

Karena hasil ini, Juventus tetap mengoleksi 51 poin, atau berjalan 3 poin atas Inter Milan yang berada di posisi kedua klasemen sementara Serie A musim ini. Sementara, Napoli kini berada di posisi ke-10 dengan raihan 27 poin.

Di laga ini, Juventus tampil dengan skuat terbaiknya dalam pakem 4-3-3. Untuk urusan menjebol gawang lawan, Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain dan Paolo Dybala menjadi ujung tombak.

Napoli juga mengambil pendekatan serupa. Turun pula dengan skema 4-3-3, Jose Callejon, Arkadiusz Milik, dan Lorenzo Insigne dipercaya sebagai trisula lini serang I Partonepei.

Karena menjadi tuan rumah, Napoli berani mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Sisi tepi menjadi cara andalan tim binaan Gennaro Gattuso ini untuk mengupayakan gol tercipta. Yang menjadi masalah, ialah kualitas umpan dan penyelesaian akhir.

Seperti yang terjadi di menit ke-15. Kala itu, Fabian Ruiz melepas umpan kepada Insigne. Aksi ini pada akhirnya tak membahayakan lawan karena, well, bola tak sampai ke Insigne. Hingga turun minum, Napoli melepas 6 tembakan dan hanya 1 yang akurat.

Juventus

Di lain sisi, Juventus sesekali menebar ancaman dari sisi kiri lapangan. Namun, masalah Juventus rupanya tak jauh beda dengan Napoli. Dari 3 tembakan, tidak ada yang akurat dan dengan begitu babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Pada babak kedua, kedua tim masih sempat kesulitan untuk mencetak gol. Tapi, beruntung bagi Napoli, mereka berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-63 melalui Piotr Zielinski.

Gol ini bermula dari kegagalan Higuain memanfaatkan skema serangan balik Juventus untuk mencetak gol. Serangan cepat langsung dibangun kubu Napoli, dan tak lama Insigne melepas tembakan dari luar kotak penalti.

Upaya Insigne memang masih bisa digagalkan Wojciech Szczesny. Tapi, bola kemudian memantul ke arah Zielinski. Dengan sekali sepak, gelandang dari Polandia itu pun berhasil mencetak gol.

Napoli vs Juventus

Setelah kebobolan, Juventus melakukan pergantian tiga pemain secara bertahap. Douglas Costa masuk menggantikan Blaise Matuidi, Federico Bernardeschi masuk dan Paulo Dybala keluar, juga Adrien Rabiot untuk Miralem Pjanic.

Namun, pergantian ini tak segera memberikan dampak sesuai harapan untuk tim binaan Maurizio Sarri itu. Malah Napoli berhasil menambah keunggulan 2-0 pada menit ke-86. Gol ini sendiri tercipta melalui sepakan voli Insigne di kotak penalti lawan.

Tiga menit setelah gol itu, baru Juventus berhasil mencetak gol. Berkat umpan silang Rodrigo Bentancur, Ronaldo bisa melepas sepakan yang sukses mengecoh kiper Alex Meret di kotak penalti.

Setelah gol ini, muncul satu kans lagi untuk Juventus mencetak gol. Sayang, meski bebas kawalan, sundulan Higuain masih mampu ditangkap Meret. Dengan begitu, pertandingan ini pun berakhir dengan skor 1-2 bagi Juventus.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan