JAKARTA – Induk Google, Alphabet, baru saja menembus kapitalisasi pasar senilai USD 1 triliun. Alphabet pun menjadi perusahaan Amerika Serikat keempat yang menembus nilai setinggi itu.

Sebelumnya, Apple jadi yang pertama meraihnya di tahun 2018. Diikuti kemudian oleh raksasa toko online Amazon. Saat ini, Apple dan Microsoft masih mampu mempertahankan nilai USD 1 triliun sedangkan Amazon sudah tidak lagi.

Harga saham Google meroket hampir 17% dalam periode tiga bulan terakhir. Salah satunya terkait optimisme dengan pengangkatan Sundar Pichai sebagai CEO Alphabet, menggantikan pendiri Google, Larry Page.

Dikutip detikINET dari CNBC, Pichai sebagai CEO Google dipandang cukup berhasil dalam meraup pendapatan dan keuntungan. Kini, ia punya kontrol penuh terhadap seluruh konglomerasi Alphabet.

Optimisme juga melingkupi pertumbuhan bisnis cloud Google. Meski masih jauh dari pemimpin pasar, Amazon dan Microsoft, Google berhasil menaikkan pendapatan dua kali lipat dari USD 1 miliar menjadi USD 2 miliar per kuartal.

Faktor lainnya adalah bisnis iklan Google menunjukkan tanda stabil. Setelah Alphabet menyusul menjadi perusahaan USD 1 triliun, Facebook diprediksi jadi yang berikutnya. Saat ini, kapitalisasi pasar Facebook senilai USD 620 miliar.

Editor: PARNA
Sumber: detikinet