Musim rambutan tiba, banyak orang yang berbondong-bondong membeli buah tersebut, tak terkecuali ibu hamil. Ya Moms, buah berambut ini mengandung tinggi lemak dan kalori yang membantu Anda untuk memenuhi kalori harian. Selain menyegarkan, rambutan juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, natrium, serat, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk Anda.

Sama seperti buah yang lainnya, rambutan sebenarnya aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat ibu hamil karena makan rambutan, seperti:

Untitled Image

– Memperkuat sistem imun. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam rambutan bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh ibu hamil. Sehingga Anda bisa terhindar dari flu atau pilek.

– Menghilangkan rasa mual. Rasa manis dan asam dari buah ini bisa membantu Anda mengurangi perasan mual, muntah, dan pusing ketika hamil.

– Menjaga sistem pencernaan. Rambutan dipercaya bsia menjaga kesehatan ibu hamil karena kandungan serat dan air yang tinggi di dalamnya. Serat yang ada dalam buah rambutan berperan untuk menyerap air sehingga Anda terhindar dari sembelit, Moms.

– Meningkatkan produksi darah merah. Rambutan mengandung tinggi zat besi sehingga bisa meningkatkan kadar hemoglobin untuk meningkatkan produksi darah merah. Selain itu, buah rambutan juga bisa melawan risiko anemia selama masa kehamilan Anda.

ibu hamil makan buah

– Membantu pembentukan tulang dalam janin. Memakan rambutan ketika hamil bisa membantu memenuhi asupan kalsium Anda, Moms. Mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan membantu membentukan tulang dalam janin dalam kandungan, lho.

Meski begitu, jangan sampai Anda mengkonsumsi buah berwarna merah ini terlalu banyak, Moms. Kandungan kalium yang cukup tinggi, yakni 104 miligram per 100 gram bisa meningkatkan risiko preeklampsia.

Dilansir Mom Junction, rambutan yang matang juga mengandung gula yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga ibu hamil yang mengalami diabetes cukup berisiko mengkonsumsi buah ini dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, rambutan yang terlalu matang bisa mengandung alkohol, Moms. Oleh sebab itu, konsumsilah rambutan secukupnya ya, Moms.

Untitled Image

Tapi jika Anda belum pernah mengkonsumsi buah rambutan sebelumnya dan baru ingin makan saat hamil, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Makanlah porsi kecil dulu dan lihat apakah ada efeknya pada diri Anda. Jika ada sesuatu yang mengganggu setelah memakannya, berhentilah makan buah tersebut.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan