Ada banyak perubahan pada tubuh yang mungkin dialami ibu hamil. Salah satu yang bisa terjadi adalah timbulnya garis-garis berwarna merah keungu-unguan seperti jaring laba-laba di paha, dada, kaki atau wajah. Ya Moms, jika Anda menemukan kondisi itu, kemungkinan garis-garis itu adalah spider nevi atau yang biasa dijuluki dengan vena laba-laba sesuai bentuknya.

Spider nevi berbeda dengan varises. Pada laman Web MD dijelaskan bahwa varises adalah pembuluh darah besar, terangkat, bengkak, polanya berputar dan berputar. Biasanya varises hanya berkembang di kaki dan dapat dilihat melalui kulit.

Sedangkan spider nevi adalah pembuluh darah kecil berwarna merah, ungu, biru dan polanya berputar. Sama seperti varises, spider nevi juga mudah terlihat melalui kulit namun tidak hanya muncul pada kaki tapi juga bisa terjadi di paha, dada, dan wajah.

Ilustrasi Spider Veins

Mengutip What to Expect, ada tiga hal yang menyebabkan spider nevi pada ibu hamil. Pertama, peningkatan volume darah di dalam tubuh yang dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah, sehingga pembuluh balik yang semula berukuran kecil kini membengkak dan tampak jelas. Kedua, hormon kehamilan yang dapat mengubah ukuran pembuluh darah Anda. Ketiga akibat faktor genetik, Moms.

Jika Anda memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki vena laba-laba ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi penyebarannya. Karena kesehatan pembuluh darah Anda bergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi, Moms.

Ilustrasi Spider Veins

Tingkatkanlah konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Tubuh Anda memerlukannya untuk membuat kolagen dan elastin, dua jaringan ikat yang penting untuk membantu memperbaiki dan memelihara pembuluh darah.

Jangan lupa berolahraga secara teratur untuk memperbaiki peredaran darah dan kekuatan kaki, Moms. Hindari menyilang kaki untuk mengurangi pembentukan vena laba-laba. Namun bila upaya pencegahan tidak berhasil, jangan khawatir. Vena laba-laba dapat memudar dan menghilang setelah Anda melahirkan.

Ilustrasi Spider Veins

Seandainya tidak menghilang, ahli dermatologi dapat menanganinya dengan pemberian suntikan garam (skleroterapi) atau gliserin atau menggunakan laser. Pengobatan dengan cara ini akan menghancurkan spider nevi hingga akhirnya menghilang. Tapi ingat, metode ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

Sambil menanti waktu kelahiran tiba, calon ibu dapat menyamarkan vena laba-laba dengan kosmetik penyamar bercak kulit yang dirancang khusus untuk kondisi tersebut. Tapi sebelum membelinya, pastikan kosmetik tersebut aman untuk ibu hamil ya, Moms.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan