JAKARTA – Menurunkan berat badan mungkin sering dirasa sulit lantaran harus berdiet. Tanpa diet kamu juga bisa menjadi langsing dengan mengikuti tips turunkan berat badan ini.

Dalam sebuah bukunya, pakar kesehatan Michael Greger menuliskan beberapa tips turunkan berat badan tanpa melakukan diet. Tips turunkan badan tersebut harus dilakukan setiap kali makan.

Menurutnya, tips turunkan berat badan tersebut mampu menurunkan berat badan dengan cara membakar sejumlah kalori dalam tubuh. Menyusutnya kalori tersebut yang nantinya akan memangkas bobot tubuh sehingga kini tak khawatir lagi setiap kali ingin makan.

Kamu bisa mengikuti tips turunkan berat badan dari Michael Greger seperti yang Dilansir dari New York Post (2/12) seperti berikut.

Foto: iStock

1. Banyak Minum Air Putih

Air merupakan penambah metabolisme alami yang dapat bekerja dengan baik. Karena itulah banyak minum air putih sering disebut sebagai tips turunkan berat badan. Pakar kesehatan, Greger mengatakan bahwa dengan minum air putih sebanyak empat gelas berukuran tinggi dalam sehari bisa membakar hampir 100 kalori ekstra.

Selain itu, Greger juga menyarankan bahwa air putih dengan akan akan lebih baik dipilih. Itu karena air putih dingin memiliki potensi tambahan untuk meningkatkan metabolisme. Tips turunkan berat badan yang satu ini sudah sering terbukti. Ketika kamu minum air putih dingin, maka tubuh kamu akan bekerja dengan membawa cairan ke suhu tubuh.

Tips turunkan berat badan ini sangat penting untuk dilakukan. Menurut Greger air memiliki efek yang dapat mengiri perut. Tips turunkan berat badan ini dapat dilakukan dengan minum dia gelas air dingin sebelum makan. Dengan begitu kamu akan terasa kenyang sebelum akhirnya kamu menghabiskan seluruh makanan dalam porsi yang banyak.

 

Foto: iStock

 

2. Pilih Gigitan Pertama Pada Makanan yang Sehat

Biasanya setiap kali makan tidak hanya tersedia satu menu saja. Kamu pasti akan menyuguhkan diri kamu sendiri dengan berbagai menu lainnya. Menurut Greger dengan memilih gigitan pertama pada makanan yang sehat dapat secara efektif mengurangi sekitar 100 kalori dari makanan kita. Hal ini juga ditulis oleh Greger dalam buku kesehatannya.

Tips menurunkan berat badan ini mungkin terkesan sepele, tetapi dapat memberikan efek yang luar biasa. Pernyataan ini juga telah didukung oleh penelitian lainnya. Dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa para ilmuwan menyajikan orang-orang dengan 900 piring berisi pasta. Sebagian dari porsi pasta tersebut disajikan salad yang diisi dengan sayuran seperti selada, wortel, mentimun dan lainnya.

Sementara sebagian porsi pasta lainnya tidak diberikan salad. Dari penelitian tersebut para peserta yang makan salad lebih dulu sebelum pasta hanya memakan 200 kalori lebih sedikit. Berbeda dengan peserta yang langsung memakan pasta. Sehingga banyak kalori yang ia asup dari makanannya tersebut.

 

Foto: iStock

 

3. Tambahkan Cuka Sari Apel

Menambahkan cuka sari apel dalam makanan bukan ide yang buruk dan merupakan tips turunan badan yang sudah terbukti ampuh. Cuka sari apel bahkan sudah menjadi populer sebagai penurun berat badan. Menurut Greger, asam pada cuka sari apel dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa cuka telah digunakan sebagai obat sejak jaman dahulu bahkan sebelum munculnya obat gula darah. Saat itu cuka digunakan sebagai obat tradisional untuk menangani penyakit diabetes. Cuka dapat menurunkan berat badan karena kadar gula darah dapat memicu untuk meninggalkan kebiasaan sehat sepanjang hari selama 3 jam.

Meskipun telah terbukti dapat menurunkan berat badan, bukan berati cuka dapat digunakan secara berlebihan. Menggunakan cuka juga harus dilakukan dengan takaran yang pas, tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan. Greger menyarankan untuk memiliki dua sendok makan setiap kali makan. Kamu bisa mencampurkan cuka tersebut ke dalam makanan.

Foto: iStock

 

4. Fokus Makan

Ini adalah tips turunkan badan yang paling mudah. Yaitu dengan fokus makan dan jangan mudah terganggu dengan keadaan sekitar. Maksud dari tips turunkan badan yang satu ini adalah jangan makan sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti menonton televisi, bermain ponsel atau lainnya.

Menurut Greger adanya gangguan ketika makan dapat mendorong kita untuk makan lebih banyak. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang banyak ditulis dalam buku-buku. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa pria dan wanita yang makan sambil menonton televisi rata-rata memakan 71% lebih banyak makanan dari pada orang-orang yang makan tanpa menonton televisi.

Sebuah penelitian serupa juga menemukan hal yang sama. Dalam penelitian ini ia melakukan percobaan dengan makan es krim sambil mendengarkan radio. Alhasil membuat mereka makan 77% lebih banyak es krim dari pada mereka yang makan es krim tanpa mendengar radio. Tak disangka, tips menurunkan berat badan ini terbukti ampuh.

 

Foto: iStock

 

5. Pelan-pelan

Banyak orang yang sibuk sehingga untuk makan saja harus dilakukan dengan terburu-buru. Perlu kamu ketahui bahwa makan dengan terburu-buru justru akan menambah berat badan kamu. Menurut Greger jika kamu bisa memaksimalkan waktu selama 20 menit untuk menghabiskan makan tanpa terburu-buru.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa tidak peduli bagaimana kita meningkatkan jumlah waktu untuk menghabiskan makanan di mulut kita. Ternyata makan tanpa terburu-buru dapat menghasilkan asupan kalori yang lebih rendah. Kerananya Greger menyarankan waktu sekitar 20 menit untuk setiap kali makan.

Mungkin terdengar membosankan, tetapi Jika kamu mengikuti tips turunkan berat badan ini, kamu akan merasakan efeknya yang bekerja dalam menurunkan berat badan. Tips lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menggigit makanan lebih kecil, mengunyah makanan lebih lama dan mengisi piring dengan makanan yang secara alami membutuhkan waktu lama untuk dimakan.

 

 

Editor: PARNA
Sumber: detikfood