Raihan emas Indonesia di SEA Games 2019, Filipina, kembali bertambah. Kali ini lewat nomor ganda putri bulu tangkis yang diwakili Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Pada babak final, Senin (9/12/2019), mereka menang atas Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong yang menjadi wakil Thailand. Hasil ini didapat lewat pertandingan dua gim dengan skor 21-3, 21-18.

Sebagaimana skornya, segalanya memang tampak berjalan mudah buat Greysia/Apriyani. Sejak awal pasangan Indonesia ini tampil agresif dan dengan cara itu mereka unggul cepat. Pasangan Thailand seakan tak diberi kesempatan untuk berkembang.

Kedudukan 5-2 kemudian mampu dicuri Greysia/Apriyani dengan cukup cepat. Dari sini keduanya belum ingin berhenti. Poin beruntun terus mereka raih hingga mencapai interval lebih dulu lewat skor 11-2.

Greysia/Apriyani

 

Keunggulan tersebut membuat pasangan Indonesia di atas angin. Di sisi lain, pasangan Thailand kerap memberi bola tanggung yang berujung hilangnya angka. Maka, cuma satu poin yang mereka raih setelah interval.

Hal berbeda tentu saja didapat Greysia/Apriyani. Lewat permainan yang kian agresif, mereka tak berhenti mencetak angka hingga mampu mengamankan gim pertama lewat skor telak. Berapa? Ya, betul, 21-3. Emas SEA Games 2019 mendekat ke ganda putri Indonesia itu.

Memasuki gim kedua, narasinya sedikit berbeda. Pasangan Thailand kini memberi perlawanan lebih sengit. Mereka bahkan sempat unggul 4-3 dari Greysia/Apriyani. Dalam hal ini, drive-drive cepat menjadi andalan mereka untuk mendulang poin.

Namun, cuma sampai di situ. Setelahnya Greysia/Apriyani kembali menemukan bentuk terbaiknya. Mula-mula mereka menyamakan angka, lalu terus menjadi pihak yang unggul hingga mencapai interval dengan kedudukan 11-8.

Greysia/Apriyani

 

Pasca-interval, sayangnya, pasangan Indonesia kerap melakukan kesalahan sendiri. Sejumlah poin ‘gratis’ lantas mampu didapatkan pasangan Thailand. Saat kedudukan 12-12, misalnya, pukulan Greysia menyangkut di net yang membuat lawan berbalik unggul.

Dari sini laga berlangsung ketat. Kendati Indonesia mampu menjauh 16-14, poin demi poin yang mereka raih tak didapat dengan gampang. Pertahanan pasangan Thailand amat sukar ditembus.

Lebih lanjut, tak cuma aspek bertahan yang meningkat. Pasangan Thailand juga beberapa kali melakukan serangan balasan yang membuat skor sama, 18-18. Kabar baiknya, Greysia/Apriyani mampu kembali memegang kendali.

Sejak kedudukan 18-18, mereka tak berhenti mencecar pasangan Thailand dengan rentetan smes. Poin demi poin lantas diraih, sedangkan angka pasangan Thailand tak lagi bertambah. Akhirnya, kemenangan menjadi milik Greysia/Apriyani lewat skor 21-18.

Dengan demikian, Indonesia telah mengoleksi 69 medali emas di SEA Games 2019.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan