Liverpool masih belum terbendung. Di hadapan publik Anfield, Minggu (10/11/2019) malam WIB, mereka menang dengan skor 3-1 atas Manchester City yang sekaligus meneruskan tren belum pernah kalah di Premier League 2019/20.

Gol-gol Liverpool dicetak lewat Fabinho (6′), Mohamed Salah (13′), serta Sadio Mane (51′). Sementara, satu-satunya gol City dibukukan oleh Bernardo Silva pada menit ke-78.

Dengan hasil ini, Liverpool kian nyaman di puncak klasemen dengan 34 poin. City, di sisi lain, tak beranjak di urutan empat dengan catatan 25 angka.

Kedua tim berada pada kondisi berkebalikan pada laga ini. Liverpool turun dengan kekuatan penuh. Dengan skema 4-3-3, nama-nama macam Roberto Firmino, Mohamed Salah, Sadio Mane, Andrew Robertson, hingga Virgil van Dijk tampil sejak menit awal.

Manchester City, sementara itu, tak diperkuat sejumlah andalan di lini belakang. Simak saja salah satu nama di jantung pertahanan yang diisi oleh Fernandinho, seorang gelandang. Lihat pula pos bek kiri yang ditempati Angelino (ada yang kenal?).

Untuk posisi lain, tak ada masalah memang. Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Bernardo Silva, hingga Sergio Aguero bermain sejak menit awal. Begitu pula dengan Kyle Walker, Ilkay Guendogan, atau Rodri Hernandez.

Meski begitu, tak tampilnya sejumlah nama di pos pertahanan tadi tetap berpotensi membuat City kesulitan. Sebab, ya, lawannya Liverpool. Terbukti, mereka sudah bobol lewat kaki Fabinho ketika laga baru memasuki menit ke-6.

Dalam sebuah kemelut, Fabinho memperoleh bola di luar kotak penalti. Dengan beberapa kali kontrol, mantan pemain AS Monaco itu melepaskan sepakan kaki kanan yang begitu kencang. Claudio Bravo tak mampu menghalaunya.

City coba bangkit setelah gol tersebut. Alih-alih membalas, sayangnya, mereka malah kembali bobol. Pada menit ke-12, crossing Robertson dari sisi kiri disambut Salah dengan sebuah sundulan.

Skor pun berubah. Liverpool kini unggul 2-0.

Sejatinya, City lebih dominan pada laga ini. Penguasaan bola mereka di lima belas awal pertandingan unggul ketimbang Liverpool. Selain itu, peluang yang mereka peroleh juga cukup banyak.

Dua di antaranya bahkan didapat dalam waktu yang berdekatan. Pertama pada menit ke-26 lewat sepakan kaki kanan Aguero, sedangkan yang kedua lewat Angelino pada menit ke-30. Namun, tak satu pun yang berujung gol.

Situasi kian tak menyenangkan bagi City sebab lini pertahanan mereka, di sisi lain, cenderung keropos. Berulang kali Liverpool mampu mengancam lewat serangan-serangan yang sederhana, misalnya lewat sepakan Firmino pada menit ke-35.

Untung bagi City, tak ada gol tambahan yang dicetak tim tuan rumah setelah dua gol cepat tadi. Babak pertama lantas berakhir dengan kedudukan 2-0.

Memasuki babak kedua, City mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Intensitas pressing mereka juga tampak ditingkatkan. Maka, belum lima menit babak kedua berjalan, sudah dua peluang mereka dapatkan.

Tapi Liverpool adalah Liverpool. Di tengah serbuan para pemain City, anak asuh Juergen Klopp tersebut masih saja bisa menemukan celah. Menit ke-59, mereka pun menambah keunggulan via Mane.

Menerima crossing dari sisi kanan, Mane menyambutnya dengan sebuah sundulan. Bola sejatinya mampu disentuh Bravo, tetapi itu tak cukup untuk menghalaunya melewati garis gawang. Liverpool pun unggul 3-0.

Kondisi ini kian membuat City kesulitan. Apalagi Liverpool tampak belum ingin berhenti. Mereka masih beberapa kali mengancam pertahanan John Stones dan kolega kendati kini sudah unggul dengan margin tiga gol.

Di sisi lain, waktu terus berjalan dan kini sudah memasuki menit ke-70. Dari sini, Pep Guardiola melakukan beberapa perubahan. Salah satunya mengganti Aguero, yang memang banyak membuang peluang, dengan Gabriel Jesus.

Tak lama berselang, City akhirnya memperkecil kedudukan. Bukan lewat Jesus, melainkan Bernardo Silva. Pemain berkebangsaan Portugal itu melepaskan sepakan kaki kiri usai menerima umpan Angelino.

Namun, itu jadi satu-satunya gol City pada laga ini kendati peluang yang mereka dapat setelahnya cukup banyak. Laga lantas berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Liverpool.

Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League! Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis!

Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.

 

Editor: PAR

Sumber: kumparan