Menteri Agama, Fachrul Razi saat perkenalan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Presiden Joko Widodo menunjuk Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Penunjukan purnawirawan jenderal TNI sebagai Menteri Agama cukup mengejutkan.

Ketika memperkenalkan Fachrul ke publik, Jokowi mengungkapkan sejumlah tugas yang akan dikerjakan oleh Fachrul selama menjabat sebagai Menteri Agama. Salah satunya adalah soal radikalisme.

“Ini urusan yang berkaitan dengan radikalisme, ekonomi umat, industri halal, dan terutama haji berada di bawah beliau,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kenegaraan, Jakarta, Rabu (23/10).
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Sebagaimana diketahui, Fachrul Razi merupakan Ketua Tim Bravo 5, yaitu tim relawan purnawirawan TNI untuk Jokowi di Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Selain Fachrul Razi, Jokowi juga menunjuk purnawirawan jenderal TNI lainnya untuk membantunya di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Mayjen dr Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan dan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Selain itu, ada Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan dan Letjen (Purn) Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

 

Editor: PAR
Sumber: kumparan

1-0