Samsung dikabarkan sedang mengerjakan docking station baru untuk smartphone yang akan mereka rilis tahun depan, Galaxy S11. Docking station ini bukanlah penyangga ponsel biasa, karena aksesoris tersebut memungkinkan perangkat untuk memunculkan notifikasi dan memproyeksikannya melalui hologram.
Bocoran ini pertama kali diungkap oleh Let’s Go Digital, blog teknologi asal Belanda, yang melihat paten terbaru Samsung. Mereka menemukan bahwa Samsung mematenkan ‘perangkat pencitraan tiga dimensi’ pada 19 September 2019 di kantor paten dan merek dagang AS (USPTO).
Sebelumnya, blog tersebut berspekulasi bahwa Galaxy S11 akan hadir dengan sensor spektrometer, yang akan menjadikan ponsel tersebut memiliki fitur kesehatan futuristik.
Secara teknis, hologram nantinya bisa dimunculkan dari Galaxy S11 karena terdapat cermin dan elemen retro-reflektif yang dimasukkan ke docking station dan fragmen pengisian nirkabel ponsel. Nantinya, fitur ini dapat memproyeksikan notifikasi yang masuk dan informasi terkait, seperti tanggal dan waktu, cuaca, berita terkini, dan detail tentang media yang sedang diputar di perangkat.
Dilansir T3, kemampuan fitur hologram di Galaxy S11 tidak hanya untuk menampilkan layar perangkat. Pasalnya, dokumen paten menunjukkan bahwa docking station juga akan mendukung navigasi di udara, tanpa perlu menyentuh perangkat dan docking station.
Meski demikian, perlu dicatat bahwa rumor ini masih terlalu dini. Mari nantikan kabar selanjutnya soal ini.
Samsung Galaxy S11 diprediksi akan dirilis pada Februari 2020, mengikuti jejak pendahulunya yang dirilis pada bulan tersebut. Selain beragam rumor fitur futuristik, ponsel tersebut juga dikabarkan akan menggunakan kamera belakang beresolusi 108 megapixel dan sensor optical-zoom 5x.
Editor: PAR
Sumber: kumparan