Marc Marquez menemui nasib buruk pada rangkaian MotoGP Thailand 2019. Pada latihan bebas pertama (FP1), Jumat (4/10/2019) pagi WIB, The Baby Alien mengalami crash saat sesi menyisakan lima menit.
Marquez yang tak bisa melanjutkan sesi dimanfaatkan oleh Maverick Vinales untuk menyegel status pebalap tercepat dengan torehan 1 menit 30,979 detik. Di urutan kedua ada rookie asal Prancis, Fabio Quartararo.
Rangkaian latihan sudah dimulai dengan terjatuhnya pebalap KTM, Miguel Oliveira, di tikungan ketujuh pada menit pertama. Setelah kejadian itu, Marquez langsung mencuri perhatian dengan menjadi yang tercepat, ia unggul 1,2 detik atas Fabio Quartararo.
Para pebalap lain, khususnya Andrea Dovizioso, tak tinggal diam. Sebagai satu-satunya sosok yang bisa menunda pesta juara Marquez di Thailand, Dovizioso merangsek ke urutan dua saat FP1 berjalan delapan menit.
Di luar dugaan, Valentino Rossi, memberi kejutan dengan menggeser Dovizioso saat sesi memasuki menit ke-10. Para pebalap Yamaha lain lantas mengekor di belakang Rossi, Maverick Vinales ketiga, dan Quartararo keempat.
Hampir setengah jam (tepatnya 27 menit), catatan waktu milik Marquez, 1 menit 31,187 detik, belum bisa dikalahkan. Rossi memang bisa menipiskan jarak, tapi hanya mampu berselisih 0,8 detik. Rossi tak bisa mempertahankan posisinya, sehingga Vinales naik ke urutan kedua.
Semuanya nampak berjalan begitu lancar buat Marquez, tapi ketika FP1 tersisa lima menit, pebalap asal Spanyol tersebut mengalami crash. Marquez kehilangan kendali akan motor RC213V saat memasuki tikungan ketujuh.
Marquez nampak langsung mendapat bantuan dari petugas di pinggir lintasan, tapi motornya mengalami rusak parah di bagian belakang. Marquez pun tak bisa melanjutkan sesi latihan bebas pertama.
Ketiadaan Marquez pada sisa sesi berhasil dimanfaatkan oleh Vinales untuk menyegel predikat pebalap tercepat dengan menorehkan waktu 1 menit 30,979 detik. Ia melakukannya pada percobaan terakhir di Sirkuit Buriram.
Quartararo yang mencoba menggeser Vinales, kudu puas berada di posisi kedua, dan Rossi yang sempat tampil impresif di awal sesi harus puas menempati urutan keenam. Pun dengan Dovizioso yang cuma menduduki peringkat keempat, satu setrip di bawah Marquez.
Dari kabar terkini yang diwartakan oleh Crash, Marquez langsung kembali ke garasi Honda dan langsung mendapat perawatan medis di dalam ambulans.
Editor: PAR
Sumber: kumparan