Ketika menyusui, kita perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi untuk mendukung produksi ASI. Termasuk perlu mengkonsumsi 2-3 porsi buah setiap harinya.
Nah, buah pepaya merupakan salah satu pilihan buah yang bisa jadi andalan, lho! Ya Moms, selain memiliki khasiat untuk menghilangkan sembelit, pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk ibu menyusui.
Dilansir Mom Junction, sebagian besar dokter mengajurkan ibu menyusui mengkonsumsi pepaya karena merupakan sumber makanan yang kaya vitamin dan mineral esensial. Sebab pepaya mengandung kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Folat, dan asam Pantotenat. Selain itu Pepaya juga mengandung magnesium, kalium, dan kalsium.
Pepaya yang dianjurkan dimakan oleh ibu menyusui adalah pepaya mentah. Karena pepaya jenis ini dipercaya menjadi makanan super yang bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Anda. Asupan pepaya hijau bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh Anda karena meningkatkan aliran ASI.
Tidak hanya itu saja, berikut ini adalah 6 manfaat pepaya lainnya untuk ibu menyusui:
  • Menjaga Berat Badan Ideal
Buah tropis ini hanya menawarkan 39 kalori per 100 gram lho, Moms. Apa artinya? Makan semangkuk pepaya yang rendah kalori bisa membuat perut Anda kenyang tanpa membuat cemas berat badan Anda melonjak pascamelahirkan.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Pepaya adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Inilah mengapa selain bisa mencegah infeksi, batuk, dan flu, mengonsumsi pepaya bisa membantu mempercepat pemulihan pascapersalinan dan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. .
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Setiap 100 gram pepaya, memiliki 257 miligram mineral esensial sumber potasium yang baik untuk tubuh Anda. Ini bisa membantu menyeimbangkan kadar elektrolit, mengatur tekanan darah Anda, meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kinerja fungsi otot-otot Anda.
  • Membuat Sehat Sistem Pencernaan
Pepaya memiliki daging lunak yang mengandung serat makanan dalam jumlah banyak. Asupan pepaya secara teratur dapat bekerja sangat baik untuk sistem pencernaan Anda karena dapat meningkatkan pergerakan usus dan mencegah sembelit.
  • Mencegah Kanker
Buah ini juga menjadi sumber beta-karoten, lutein, dan cryptoxanthin. Anti-oksidan ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi dari stres oksidatif dan mencegah kanker.
  • Baik untuk Penglihatan
Pepaya adalah gudang Vitamin A. Ini dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda, melawan kebutaan malam, mencegah penuaan dan melindungi terhadap degenerasi makula.
Jadi, jangan lupa makan pepaya selama masa menyusui ya, Moms!
Editor: PAR
Sumber: kumparan