POJOK BATAM.ID – Sedang memetik kangkung, Yuli, 47, melihat empat anak laki-laki sedang berkeliling di sebuah kolam bekas galian di Jalan S Parman, RT 30, Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (1/7) sekira pukul 12.00 Wita. Yuli pun mendatangi keempat bocah itu.

“Saya tanya lagi ngapain. Terus mereka bilang teman mereka enggak muncul dari lubang kolam itu,” kata Yuli dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Rabu (3/7).

Mendengar itu Yuli terkejut. Dia langsung berlari dan berteriak mencari pertolongan. Warga sekitar pun langsung berkumpul. “Tak lama langsung diselami warga, disaksikan polisi dan pihak kelurahan,” sebut Yuli.

Penyelaman membuahkan hasil. Seorang warga berhasil mengangkat sosok bocah laki-laki. Kondisinya telanjang ditutupi lumpur. Tubuhnya lemas dan saat dilakukan upaya pertolongan, dari mulut bocah juga keluar lumpur yang cukup banyak. Nahas kondisi korban saat ditemukan telah meninggal dunia.

“Posisi tubuhnya saat ditemukan, kepala anaknya menancap ke dasar kolam yang penuh lumpur,” ujarnya.

Kanit Jatanras Iptu Musjaya mengungkapkan, identitas bocah yang tenggelam adalah Sultan Aghniya, 11, warga Jalan S Parman, RT 25, Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah.

Siang itu korban bersama empat temannya, Mustofa, 9, Ari, 9, Reval, 8, dan Yayan, 11, bermain-main di sekitar kolam bekas galian. “Korban kemudian berenang bersama teman-temannya,” kata Musjaya di lokasi kejadian.

Murid kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Muttaqien itu menurut pengakuan temannya bisa berenang. Lalu sendirian, Sultan menuju ke tengah kolam lubang bekas galian. Tapi tiba-tiba menghilang hingga ditemukan tewas di dasar kolam.

“Kondisi kolam setinggi dada orang dewasa,” ujarnya.

Setelah dievakuasi, Sultan dibawa ke rumah sakit untuk divisum. Selanjutnya diantarkan ke rumah duka yang berjarak 2 kilometer dari lokasi Sultan tenggelam.

“Untuk sementara masih kami dalami, namun indikasinya adalah korban ini murni meninggal karena tenggelam. Apalagi dengan seumuran anak ini lagi senang-senangnya bermain mandi di danau,” jelasnya.

Sumber:JawaPos.com