Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penanganan banjir bandang di Sentani, Papua lebih difokuskan kepada evakuasi korban. Jokowi sudah memerintahkan Kepala BNPB Doni Monardo untuk mengecek langsung penanganan banjir bandang di Sentani.

“Saya sudah perintahkan (Kepala BNPB) secepatnya untuk datang ke lokasi hari ini. Beliau langsung ke sana. Dan kita harapkan, yang paling penting penanganan evakuasi secepat-cepatnya. Agar mengurangi korban yang ada,” kata Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (17/3/2019).

Jokowi juga sudah meminta BNPB memperhatikan kondisi daerah lainnya yang terkena banjir bandang. Dia meminta untuk diberi laporan secepatnya terkait kondisi terakhir Sentani serta daerah lain yang terdampak banjir.

“Kemudian saya sudah sampaikan juga agar segera dilaporkan hal-hal yang penting yang bisa kita lakukan karena banjir bandang tidak hanya di Sentani saja. Di provinsi lain juga ada. Kabupaten lain kota lain juga ada,” ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban. Dia telah meminta jajarannya untuk melakukan penanganan di hulu untuk mencegah banjir bandang terulang kembali.

“Terakhir saya ingin sampaikan duka cita yang mendalam pada seluruh korban yang meninggal karena banjir bandang itu,” sebutnya.

Sumber: Detik.com
Editor: Robert