Timnas Guinea U-23 jadi lawan berat Indonesia di playoff Olimpiade 2024. (Dok. CAF)

Timnas Guinea U-23 yang akan menjadi lawan Indonesia dalam playoff perebutan tiket terakhir ke Olimpiade 2024 Paris bukan lawan sembarangan. Berikut profil Guinea U-23.

Setelah kekalahan dari Irak pada perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 masih punya satu kesempatan terakhir lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Indonesia akan menjalani laga playoff antar-konfederasi melawan Guinea U-23, yang berstatus sebagai tim peringkat empat Piala Afrika Nations Cup U-23 2023.

Pertandingan playoff antara Indonesia vs Guinea akan berlangsung di Centre National du Football de Clairefontaine, Prancis, pada 9 Mei mendatang.

Timnas Guinea U-23 bukan tim yang mudah untuk dikalahkan. Tim berjuluk Syli U-23 itu saat ini dilatih Kaba Diawara, pelatih yang juga menangani timnas Guinea senior.

Kaba Diawara merupakan mantan pemain Arsenal, Marseille, Paris-Saint Germain dan sejumlah klub Premier League dan Ligue 1 Prancis lainnya. Diawara ditunjuk Federasi Sepak Bola Guinea (FGF) untuk melatih timnas U-23 pada awal April 2024 demi menghadapi playoff Olimpiade 2024.

Secara prestasi Guinea U-23 tidak terlalu mengilap. Penampilan di Piala Afrika U-23 2023 merupakan kali pertama Guinea U-23 tampil di turnamen itu. Namun, Guinea U-23 langsung menggebrak di penampilan perdana mereka.

Guinea sukses mengalahkan Ghana dan Kongo untuk lolos sebagai runner-up Grup A. Timnas Guinea U-23 kemudian membuat repot dua tim besar, Mesir dan Mali. Mesir hanya mampu menang 1-0 atas Guinea U-23 di semifinal, sedangkan Mali harus menjalani adu penalti untuk mengalahkan Guinea.

Terakhir Guinea U-23 menjalani uji coba melawan Amerika Serikat di Spanyol pada 22 Maret lalu dan menelan kekalahan 0-3. Dalam skuad terakhir Guinea U-23 yang menjalani uji coba di Spanyol, sebagian besar pemain berkarier di Eropa, terutama di Prancis.

Secara sepak bola internasional, Guinea punya posisi yang cukup bagus di ranking FIFA. Saat ini Guinea menduduki peringkat 76 dunia.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com