Ilustrasi. Salah satu minuman untuk kecerdasan anak adalah susu. (iStockphoto/carlosgaw)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang diyakini bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Berbagai jenis minuman ini bisa Anda berikan kepada anak. Tujuannya agar pertumbuhan sel-sel otak tetap terjaga dan si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Percaya atau tidak, minuman memang jadi salah satu cara sederhana untuk meningkatkan fokus, memori, dan produktivitas manusia. Tapi tentu saja tidak semua minuman memiliki kemampuan untuk mencerdaskan otak.

Minuman yang bisa mencerdaskan otak ini biasanya merupakan minuman yang mengandung senyawa nootropics. Senyawa ini dikenal juga sebagai obat pintar.

Nootropics sendiri merupakan kelas senyawa alami atau sintetis yang dapat meningkatkan fungsi otak. Tapi tentunya bukan hanya senyawa nootropics yang membuat pintar, ada nutrisi lain yang juga penting dalam minuman untuk meningkatkan fungsi otak.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis minuman dengan kandungan nutrisi tinggi yang bisa meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan:

1. Susu dan yogurt
Makanan olahan susu mengandung protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Selain itu, menukil WebMd, susu dan yogurt juga memberikan tambahan protein dan karbohidrat yang jadi sumber energi baik untuk otak.

Melansir berbagai sumber, yogurt yang mengandung susu dan lemak dalam jumlah tepat juga bisa memperkuat otak manusia. Yogurt bisa dijadikan cemilan untuk anak dengan menambahkan buah atau oat agar lebih enak dan bergizi.

2. Smoothie
Smoothie adalah cara menyenangkan dan enak untuk menambahkan berbagai nutrisi penting ke dalam sebuah wadah minuman. Smoothie yang terbuat dari campuran sayuran hijau kaya akan asam folat dan serat.

Melansir CNBC, Anda juga bisa menambahkan biji chia atau kenari untuk asam lemak omega-3, serat dan protein nabati. alpukat juga bisa ditambahkan untuk mendapat lemak sehat, ditambah blueberry yang kaya akan antioksidan. Minuman ini sangat sehat, kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan otak.

3. Jus jeruk
Jus jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk otak Anda. Melansir Healthline, satu tinjauan terhadap 50 penelitian pada manusia menemukan bahwa memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi dalam darah bisa meningkatkan kemampuan memori dan kemampuan menghafal bahasa lebih tinggi.

4. Jus Blueberry
Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang memberikan manfaat terkait kecerdasan otak.

Efek positif dari mengonsumsi jus ini melibatkan memori jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik.

Tapi, Anda sebenarnya tetap disarankan mengonsumsi blueberry utuh karena dianggap lebih sehat dan rendah gula yang mungkin memberikan manfaat serupa.

5. Kunyit latte
Kunyit latte juga dikenal sebagai susu emas. Minuman hangat ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan terutama untuk kecerdasan otak.

Kunyit mengandung antioksidan kurkumin yang bisa meningkatkan produksi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak ke tubuh Anda. Kurkumin ini bisa memperbaiki kondisi mental dan membuat otak lebih cerdas.

6. Adaptogen latte
Adaptogen latte sebenarnya mirip dengan kunyit latte. Minuman ini terbuat dari bahan-bahan herbal yang bisa mengurangi stres dan meningkatkan fungsi otak serta mengurangi kelelahan.

Banyak adaptogen latte terbuat dari jamur kering, ashwagandha atau akar maca. Anda bisa membeli jenis minuman ini yang sudah tersedia di toko-toko terdekat.

Itulah minuman untuk kecerdasan anak. Semoga membantu.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com