Foto: iStock

Minum kopi punya beragam manfaat bagi kesehatan tapi secara bersamaan konsumsi kafein berpotensi timbul dampak negatif bagi kesehatan kita. Kopi membantu hilangkan kantuk, meningkatkan mood, tingkat konsentrasi, dan meningkatkan efisiensi otak. Biji kopi juga bermanfaat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Ada banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Secangkir kopi pagi dan sore hari adalah pengisi energi. Tapi, kebiasaan minum kopi bisa menurunkan kualitas hidup. Efek terlalu banyak minum kopi bisa sebabkan diare, maag, hingga GERD.

Semua manfaat kesehatan itu bisa dinikmati dan efek buruk bisa dihindari kalau menyeduh secangkir kopi dengan cara yang benar. Dikutip dari Healthshots, begini sederet kesalahan minum kopi yang sering ditemukan.

1. Kebanyakan Minum Kopi

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan overdosis kafein. Konsumsi kafein berlebihan meningkatkan risiko sulit tidur, hipertensi, dan masalah jantung. Jadi, batasi konsumsi kafein harian, yakni tidak lebih dari tiga cangkir.

2. Kurang Minum Air Putih

Tubuh bisa memproduksi lebih banyak urin akibat kopi yang dapat menyebabkan dehidrasi. Setelah minum kopi pastikan minum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi. Dehidrasi bisa berefek buruk bagi kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan gangguan fungsi kognitif.

3. Menambahkan Whipping Cream

Banyak orang lebih suka menambahkan krim ke dalam kopinya untuk meningkatkan cita rasa. Tapi, justru bisa menyebabkan penambahan berat badan dan efek buruk lainnya bagi kesehatan.

4. Menambahkan Ekstra Gula

Sebaiknya berhenti menambahkan ekstra gula ke kopi. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan lemak yang lebih besar kemudian dapat berkembang menjadi diabetes yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Faktanya, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan bisa memicu peradangan kronis dan tekanan darah.

5. Minum Kopi Terlalu Panas

Minum minuman panas seperti air panas, teh, dan kopi sebenarnya meningkatkan risiko terkena kanker esofagus. Menurut sebuah penelitian PubMed, minuman yang terlalu panas dapat membahayakan kerongkongan dan meningkatkan risiko terkena kanker hingga tiga kali lipat. Jadi, biarkan kopi mendingin sebelum diminum untuk menurunkan risikonya.

6. Minum Kopi Sebelum Tidur

Kopi bermanfaat bila ingin begadang semalaman. Tapi, minum kopi mendekati waktu tidur bukanlah ide yang bagus. Hal itu bisa merusak jam tidur, ritme sirkadian (ritme metabolisme) dan menyebabkan sakit kepala yang berubah menjadi migrain, kesedihan, kecemasan, juga perubahan suasana hati.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom