Ilustrasi. Plank, salah satu gerakan olahraga yang bikin panjang umur. (iStockphoto/ monkeybusinessimages)

Menikmati masa tua dengan tubuh yang bugar adalah harapan hidup kebanyakan orang. Beberapa jenis olahraga berikut dipercaya bisa bikin panjang umur.

Olahraga jadi salah satu kunci hidup sehat. Olahraga juga bisa menopang kehidupan yang bugar di masa tua.

Dilansir dari CNBC, massa otot dalam tubuh akan menurun seiring dengan pertambahan usia, utamanya setelah menginjak usia 30 tahun.

Namun, ada beberapa aktivitas ringan yang bisa Anda lakukan di rumah secara rutin untuk mendukung kebugaran di masa tua.

Strength training atau latihan kekuatan adalah jenis latihan yang paling direkomendasikan oleh Yoshiyoshi Hirokawa, seorang pelatih kebugaran untuk panjang umur.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang berusia 70-an yang malas bergerak cenderung memiliki umur panjang dengan program strength training.

Melakukan strength training dapat memberikan manfaat yang besar untuk penuaan. Misalnya saja meningkatkan kesehatan tulang, memelihara otot, gerakan sendi yang lebih baik, mengatur berat badan, hingga keseimbangan yang lebih baik.

Olahraga yang bikin umur panjang

Latihan kekuatan tidak sesulit yang dikira. Anda tidak perlu pergi ke gym atau membeli alat-alat berat lainnya untuk melakukan strength training.

Kabar baiknya, latihan kekuatan ini bisa dilakukan di rumah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Berikut beberapa jenis olahraga latihan kekuatan yang bikin umur panjang.

1. Squat

Part of young man in sportswear doing squat at gymIlustrasi. Squat, salah satu jenis gerakan olahraga yang bikin panjang umur. (iStockphoto/g-stockstudio)

Olahraga ini menyasar persendian tubuh bagian bawah, core, dan lutut, pinggul, serta pergelangan kaki.

Squat membantu tubuh Anda melakukan aktivitas sehari-hari seiring bertambahnya usia, seperti bangun dari kursi atau mengambil sesuatu yang terjatuh di bawah.

2. Static lunges

Jenis olahraga ini menargetkan paha belakang, paha depan, bokong, dan betis.

Sebagai gerakan unilateral (melakukan satu sisi tubuh pada satu waktu), lunge meningkatkan stabilitas Anda dan membantu memperbaiki ketidakseimbangan otot dengan memperkuat setiap sisi tubuh.

3. Hip bridge

Olahraga ini fokus pada otot bokong, paha belakang, punggung bawah, dan otot yang menopang tulang belakang.

Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan mobilitas, dan membantu mencegah nyeri atau cedera punggung bagian bawah.

4. Planks

Planks membantu memperkuat core dan meningkatkan kekuatan fungsional tubuh secara keseluruhan.

Planks meningkatkan keseimbangan Anda dan mengencangkan bahu juga bokong.

5. Push-up

Gerakan olahraga ini menyasar bahu, dada, trisep, dan core.

Push-up meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, juga membantu meningkatkan daya tahan dan stabilitas sehingga dapat berdiri lebih kuat seiring bertambahnya usia.

Demikian beberapa rekomendasi latihan kekuatan, jenis olahraga yang dipercaya bisa bikin panjang umur.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia