Ilustrasi mengerjakan PR matematika. Foto: Getty Images/iStockphoto

Pekerjaan rumah atau PR adalah tugas yang diberikan kepada siswa sebagai tambahan belajar. Namun, sebuah peneliti mengungkap pemberian PR matematika kepada siswa dapat lebih merugikan.

Hal tersebut diungkap dalam hasil penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sociology of Education. Para peneliti dari Universitas South Australia dan Universitas St Francis Xavier di Kanada menjelaskan alasannya.

Dalam penelitian, mereka melakukan wawancara terhadap delapan keluarga di Kanada. Kemudian responden diberikan pertanyaan terkait pengalaman mengerjakan PR matematika beserta dampaknya.

Dari delapan keluarga tersebut, semua anak berusia 8-9 tahun atau duduk di kelas 3 sekolah dasar. Di Kanada, anak usia 8-9 tahun akan diberikan tes matematika standar.

“Pekerjaan rumah telah lama diterima sebagai praktik yang memperkuat pembelajaran anak-anak dan meningkatkan keberhasilan akademis,” kata Lisa O’Keeffe, dosen pendidikan matematika di Universitas South Australia sekaligus peneliti, dikutip dari Science Alert.

Rata-rata responden dalam survey ini mengatakan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang membutuhkan waktu ekstra untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, semuanya tidak menyukai matematika.

Tetap Sulit Meski Dibantu Orang Tua
Kemudian, alasan lain yang menjadikan responden tidak menyukai matematika adalah karena kesulitannya. Meskipun dalam menyelesaikan PR matematika telah dibantu orang tua, tetapi mereka masih berpendapat bahwa itu sulit.

Selain itu, mereka mengaku mengerjakan PR matematika bisa membuat waktu bersama keluarga berkurang, waktu tidur yang tertunda, dan munculnya perasaan frustasi saat tidak bisa menyelesaikannya.

Terutama pada masa Covid-19, peran orang tua lebih aktif dalam membantu anak-anaknya menyelesaikan tugas rumah. Sehingga, responden orang tua dari penelitian ini turut merasakan tantangan yang tidak mudah.

“Tetapi ketika tugas tersebut terlalu rumit untuk diselesaikan oleh seorang siswa bahkan dengan dukungan orang tua, hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa tugas tersebut ditetapkan sebagai tugas pekerjaan rumah,” jelas O’Keeffe.

O’Keeffe menjelaskan faktor lain yang menambah rasa frustasi orang tua adalah perbedaan pendekatan belajar. Para orang tua saat mereka masih sekolah mempunyai cara berbeda dalam menyelesaikannya sehingga bantuan yang mereka berikan kepada anaknya tak bekerja.

“Tetapi ketika orang tua menyadari bahwa metode yang mereka coba dan benar berbeda dengan yang dipelajari anak-anak mereka, maka akan sulit untuk beradaptasi, dan ini dapat menambah tekanan yang tidak semestinya,” jelasnya.

Timbulnya Stereotip Negatif
Kerumitan yang ikut dirasakan para orang tua dalam membantu anaknya mengerjakan PR matematika menambah stereotip negatif pada salah satu mata pelajaran ini. Para orang tua pun beranggapan matematika tidak cocok bagi anak perempuan.

Menurut O’Keeffe dan peneliti lainnya, stereotip ini dapat memberikan dampak panjang terhadap masalah karier anak muda saat ini. Para peneliti berpendapat hasil penelitian ini tidak bisa disepelekan.

Walaupun mengambil sampel kecil, tetapi mereka melihat hasil penelitian cukup menggambarkan wacana soal matematika secara umum. Lewat penelitian ini, didapati masukan bahwa siswa mendapat PR matematika yang diatur secara tepat.

Khususnya para orang tua, mereka ingin PR matematika tidak membuat anaknya menjadi semakin takut dengan mata pelajaran tersebut. Hal ini tentunya dapat menjadi saran bagi sekolah dalam memberikan PR dalam bentuk yang bisa lebih diterima siswa.

“Hal terakhir yang ingin dilakukan guru adalah merugikan anak perempuan dalam mengembangkan potensi identitas matematika yang kuat,” kata peneliti lainnya, Sarah MCDonald.

“Kita memerlukan pemahaman yang lebih baik mengenai kebijakan dan ekspektasi pekerjaan rumah,” tambahnya.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com