Ilustrasi tanaman hias Foto: iStock

Tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan bisa membuat suasana terasa lebih hidup dan menyegarkan. Apalagi kalau kamu menyimpan tanaman hias di ruang kerja yang ternyata berdampak positif pada aktivitasmu.

Kamu bisa bekerja di rumah maupun bilik kantor sambil ditemani tanaman hias. Sekali-kali, kamu dapat istirahat sejenak dengan pemandangan tanaman hias yang berwarna hijau.

Ada banyak pilihan tanaman dengan beragam bentuk dan ukuran, sehingga bisa banget kamu simpan di ruang kerja. Melansir dari Healthline, berikut ini beberapa alasan kamu perlu mempertimbangkan tanaman hias di tempat kerja.

1. Menekan Tingkat Stress

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology, tanaman di dalam rumah atau kantor ternyata bisa membuat kamu merasa lebih nyaman dan tenteram.

Penelitian tersebut menguji peserta dengan memberikan dua tugas berbeda, yakni memindahkan tanaman hias dari satu pot ke pot lainnya dan menyelesaikan tugas singkat berbasis komputer. Setelah menyelesaikan setiap tugas, peneliti mengukur faktor biologis yang terkait dengan stres, termasuk detak jantung dan tekanan darah.

Hasil menunjukkan tugas berkebun di dalam ruangan menurunkan respons stres pada partisipan, sedangkan tugas menggunakan komputer menyebabkan lonjakan detak jantung dan tekanan darah.

Padahal, peserta penelitian adalah pria muda yang terbiasa bekerja dengan komputer. Dari hasil penelitian itu, para peneliti menyimpulkan bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

2. Meningkatkan Fokus

Kemudian, sebuah penelitian kecil dilakukan oleh Yun-ah Oh, Seon-Ok Kim, dan Sin-Ae Park dengan melibatkan 23 peserta. Peneliti tersebut menempatkan siswa di ruang kelas yang berbeda-beda.

Setiap kelas ada yang memiliki tanaman palsu, tanaman asli, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali. Pemindaian otak peserta menunjukkan siswa yang belajar dengan tanaman hidup dan nyata di kelas lebih perhatian dan lebih mampu berkonsentrasi dibandingkan siswa yang belajar di kelas lainnya.

3. Meningkatkan Produktivitas & Kreativitas

Berbagai penelitian mengemukakan keberadaan tanaman di ruang kerja meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Sebuah penelitian pada tahun 2007 oleh Tina Bringslimark, Terry Hartig, dan Grete Grindal Patil membuktikan orang-orang yang bekerja dengan lebih banyak tanaman di ruang kerja memiliki lebih sedikit hari sakit dan lebih produktif dalam bekerja.

Itulah beberapa alasan tanaman hias diperlukan di dalam ruang kerja. Semoga bermanfaat!

Editor: PARNA

Sumber: detikcom