Foto: iStock

Buah persik atau sering disebut dengan buah peach, adalah salah satu buah yang populer di dunia. Selain memiliki tekstur lembut dan rasa yang segar juga manis, buah ini juga memiliki kandungan yang menyehatkan.

Dilansir dari detikFood (27/5/2013), buah persik memiliki kandungan vitamin C, E, dan folat yang tinggi.

Karena rasanya yang enak, buah persik ini juga banyak dijadikan olahan. Berikut adalah beberapa olahan buah persik yang lezat dan tentunya sehat, wajib kamu coba.

Makanan dan Minuman Olahan Buah Persik yang Enak

Selain sebagai bahan makanan, buah persik juga bisa dicampurkan ke dalam minuman. Berikut beberapa inspirasi makanan dan minuman yang berbahan buah persik.

1. Peach Tea

Teksturnya yang lembut membuat buah ini sering dipadukan dengan teh. Peach tea akan memberikan sensasi yang manis, wangi dari teh, dan juga menyegarkan. Cocok untuk kamu nikmati di siang hari dengan campuran es batu.

2. Peach Custard

Peach custard adalah olahan dari buah persik legendaris dari jepang. Dilansir dari detikFood (7/7/2023), peach custard merupakan dessert langganan di Jepang saat musim buah persik tiba.

Dessert ini berupa buah peach utuh yang dilapisi gelatin di permukaannya untuk membuat tampak bersinar sekaligus menjaga kesegaran warnanya. Saat dibelah, isinya bukan biji buah, melainkan krim custard.

3. Peach Ice Cream

Es krim merupakan salah satu olahan yang paling digemari diseluruh dunia. Peach ice cream sering disajikan sebagai camilan atau pencuci mulut yang menyegarkan, terutama selama musim panas ketika buah persik segar tersedia. Rasanya yang manis dan segar membuatnya menjadi pilihan yang populer di antara para pecinta es krim

Peach ice cream memiliki rasa buah persik yang segar dan manis, dengan sentuhan susu dan krim. Biasanya, potongan buah persik yang kecil juga kadang-kadang ditambahkan untuk memberikan sedikit tekstur tambahan dan rasa buah yang lebih.

4. Peach Streusel Muffins

Peach streusel muffins adalah kue muffin dengan potongan buah persik di dalamnya dan lapisan streusel renyah di atasnya.

Muffin ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut di dalam, serta tekstur garing dan beraroma pada streusel di atasnya. Cocok disajikan sebagai camilan atau sarapan yang lezat.

5. Spicy Peach Salad

Spicy peach salad adalah hidangan salad yang menyajikan potongan-potongan buah persik segar yang dicampur dengan bumbu pedas, seperti cabai atau lada, serta bahan-bahan lainnya seperti sayuran hijau, tomat, bawang merah, dan dressing segar.

Kombinasi antara rasa manis dari buah persik dengan rasa pedas dan segar dari bumbu membuat hidangan ini memiliki rasa yang unik dan menyegarkan.

6. Peach Tartles

Peach tartles adalah kue kecil berbentuk tartlet yang diisi dengan selai atau potongan buah persik, kemudian dipanggang hingga kulitnya menjadi renyah.

Tartlet ini akan memiliki rasa manis dari buah persik yang dipadukan dengan rasa gurih dari kulit tartlet, belum lagi ditambahkan dengan irisan almond membuat kue ini semakin gurih, renyah, dan lezat.

7. Peach Hand Pies

Peach hand pies adalah kue pai pada umumnya tetapi berukuran kecil dan ditambah persik yang dimaniskan ke dalam adonan pai, kemudian dipanggang atau digoreng hingga matang.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, olahan ini cocok dijadikan cemilan ringan yang manis dan lezat.

Itu dia beberapa olahan buah persik yang lezat dan bisa kamu coba.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom