Minum kopi hitam tanpa gula tidak hanya akan menghindarkan rasa kantuk, tetapi juga akan memberikan manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa manfaat minum kopi hitam tanpa gula?

Ternyata, kopi hitam tanpa gula dapat menurunkan berat badan, meningkatkan performa fisik, dan menurunkan risiko diabetes.

Kopi hitam tanpa gula umumnya aman, namun beberapa orang bisa mengalami efek samping tertentu, seperti sakit kepala, sakit perut, dan insomnia.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa manfaat minum kopi hitam tanpa gula berikut ini.

Apa manfaat minum kopi hitam tanpa gula?

Kopi hitam tanpa gula ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Disarikan dari Pharmeasy dan WebMD, berikut adalah beberapa manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang perlu diketahui.

Menurunkan berat badan

Kafein pada kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar energi sehingga rasa lapar juga akan berkurang.

Kopi hitam juga memiliki kandungan asam klorogenat yang berguna untuk memperlambat pembentukan glukosa yang juga baik untuk menyeimbangkan berat badan.

Meningkatkan performa fisik

Kandungan kafein pada kopi juga dapat menstimulasi sistem saraf sehingga kadar adrenalin di dalam darah dapat meningkat.

Hormon adrenalin dapat menyiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang berat, termasuk sebelum berolahraga.

Menurunkan risiko diabetes

Minum kopi hitam secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang sehat, bahkan hingga 11 persen.

Namun, Anda yang mengidap diabetes tipe 2 diimbau untuk menghindari konsumsi kopi karena justru dapat meningkatkan gula dan kadar insulin di dalam tubuh.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Minum kopi hitam setiap hari dapat meningkatkan tekanan darah, namun efek ini hanya berlangsung sementara.

Bahkan, minum kopi secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan risiko penyakit liver

Liver, atau hati, merupakan organ tubuh yang penting yang akan mendukung kesehatan.

  • Menurunkan risiko kanker

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker hati.

Banyak ahli percaya bahwa kandungan antioksidan dan akrilamida pada kopi dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan zat karsinogenik.

  • Meningkatkan daya ingat

Minum kopi setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak dan membuatnya tetap sehat.

Akibatnya, saraf otak akan tetap kuat dan daya ingat akan meningkat.

  • Mengurangi stres

Minum kopi dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menghindarkan dari kekakuan otot.

Secangkir kopi hitam juga dapat meningkatkan neurotransmitter otak, seperti dopamin dan serotonin, sehingga suasana hati akan menjadi lebih baik.

  • Menurunkan risiko Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang umumnya menyerang orang tua yang berusia lebih dari 65 tahun.

Minum kopi sebanyak tiga hingga empat cangkir setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan risiko demensia hingga 65 persen.

Memahami apa manfaat minum kopi hitam tanpa gula sangatlah penting karena kebiasaan ini umumnya aman untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan efek samping tertentu.

Namun, Anda yang minum kopi hitam tanpa gula secara berlebihan, atau lebih dari empat cangkir setiap hari, dan sensitif terhadap kafein dapat mengalami efek samping tertentu.

Beberapa efek samping yang mungkin dialami, yakni insomnia, gelisah, peningkatan irama denyut jantung, sakit perut, sakit kepala, dan mual.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com