Foto: Getty Images/Catto32

Konsumsi beberapa makanan menyebabkan alergi kulit. Karenanya untuk yang punya masalah alergi kulit, penting untuk membatasi atau bahkan tidak mengonsumsi makanan berikut ini.

Pola makan punya peranan penting untuk kesehatan, termasuk urusan kesehatan kulit. Konsumsi beberapa jenis makanan ternyata bisa memicu reaksi kulit.

Respon imun tubuh yang terjadi menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, eksim, biduran, dan dermatitis kontak. Kondisi ini terjadi, terutama pada mereka yang memang memiliki alergi kulit.

Penyebabnya beragam seperti struktur protein dalam tubuh seseorang, kandungan histamin, atau kehadiran bahan pemicu alergi (alergen) dan bahan tambahan pada makanan.

Mengutip Times of India (9/3/2024), berikut 7 makanan yang bisa memicu munculnya alergi kulit. Sebaiknya batasi atau hindari konsumsinya oleh mereka yang merupakan penderita alergi kulit atau kulit sensitif.

1. Kerang

Kerang rebusFoto: Getty Images/iStockphoto/trainman111

Kerang adalah jenis seafood yang cepat memicu alergi kulit. Kerang mengandung protein yang bisa memicu kemunculan alergi pada individu yang sensitif.

Protein dalam kerang itu dikenali sebagai ‘penjajah asing’ oleh sistem imun tubuh hingga memicu gejala seperti gatal-gatal dan biduran pada kulit seseorang.

2. Kacang-kacangan

Makanan pemicu alergi kulit selanjutnya, kacang-kacangan. Bahan nabati ini mengandung protein allergenic yang bisa menyebabkan reaksi pada kulit di tubuh orang yang rentan.

Protein dalam kacang bisa mendorong respon imun yang akhirnya menyebabkan gejala seperti eksim dan biduran. Karenanya perhatikan betul konsumsi kacang bagi mereka penderita alergi.

3. Susu sapi

Ciri-ciri Susu Sapi Segar Sudah BasiFoto: Getty Images/iStockphoto/oykuozgu

Susu sapi mengandung protein seperti casein dan whey yang memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Gejala pada kulit termasuk eksim atau biduran bisa muncul karena respon imun tubuh pada protein tersebut.

Hati-hati mengonsumsi susu sapi, baik yang segar maupun yang kemasan. Sebaiknya hindari jika memang sudah tahu bahwa susu sapi memicu reaksi alergi pada kulit.

4. Kedelai

Kacang kedelai mengandung protein yang bisa bereaksi berlawanan dengan alergen lain, hingga memicu alergi kulit pada orang yang sensitif.

Alergi kedelai bisa menghasilkan gejala gatal-gatal, biduran, atau eksim bergantung pada konsumsi jenis dan jumlah produk kacang kedelai tersebut.

5. Gandum

Penjelasan soal nutrisi nasi putih dan roti gandumFoto: Getty Images/iStockphoto

Gandum ditemukan pada berbagai produk makanan berbahan tepung. Hati-hati mengonsumsinya karena gandum mengandung gluten yang dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Gejalanya bakal terlihat pada kulit seperti biduran, eksim, atau dermatitis. Herpetiformis atau ruam kulit kronis sangat gatal yang terdiri dari benjolan dan lepuhan juga bisa terjadi sebagai bentuk respon imun tubuh pada protein gandum.

6. Ikan

Beberapa jenis ikan mengandung protein pemicu alergi yang bisa membuat alergi semakin parah pada mereka yang rentan. Konsumsi ikan bisa menyebabkan gejala pada kulit seperti gatal-gatal, biduran, dan eksim.

7. Biji wijen

Biji wijen untuk onde-onde mini.Foto: iStock

Biji wijen juga mengandung protein alergen yang bisa memunculkan reaksi alergi pada individu yang sensitif. Gejala seperti biduran, gatal-gatal, dan dermatitis kontak bisa terjadi pada paparan terhadap biji wijen.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com