Foto: Ilustrasi kopi (Fabrikasimf/Freepik)

Seorang pramugari menganjurkan para penumpang untuk menghindari minuman berkafein, sebelum mereka melakukan penerbangan, utamanya adalah kopi.

Pramugari yang bekerja untuk Virgin Australia, Sarah Goodwin, menyebutkan bahwa minuman berkafein, seperti kopi bisa menyebabkan efek buruk ketika di pesawat.

Selain kopi, minuman berkafein yang perlu dihindari selama penerbangan lainnya yaitu Red Bull dan Buckfast. Karena minuman tersebut punya dampak yang sama pada tubuh seperti alkohol.

Efek Buruk Minum Minuman Berkafein Selama di Pesawat

Melalui akun TikToknya @sarahgthatsme, berikut adalah beberapa efek buruk jika seseorang minum minuman berkafein sebelum melakukan penerbangan.

1. Bisa Meningkatkan Kecemasan, Gugup, dan Gelisah

Pramugari Sarah Goodwin mengatakan kalau minuman berkafein dalam bentuk apa pun adalah hal buruk terutama bagi penumpang yang gampang gugup.

“Sebelum penerbangan, cobalah untuk tidak mengkonsumsi apa pun yang berhubungan dengan kafein karena bisa meningkatkan kecemasan dan membuat kamu lebih gugup dan gelisah,” kata Goodwin, dikutip dari laman Mirror (27/03/2024).

2. Bakal Lebih Sering Buang Air Besar

Efek dehidrasi dari zat minuman-minuman tersebut juga bisa menyebabkan seseorang minum lebih banyak. Di mana, pada gilirannya menyebabkan lebih banyak buang air besar.

3. Sakit Kepala dan Insomnia

Kafein juga memberikan efek sakit kepala dan insomnia. Hal ini tentunya sangat membuat penerbangan kita jadi tidak nyaman.

Peringatan tentang Minum Teh dan Kopi di Pesawat

Pramugari TikTok lainnya, Kat Kamalani, membeberkan alasan berbeda tentang peringatan minum teh dan kopi di dalam pesawat.

Dalam sebuah video, ia memperingatkan penumpang kalau beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di pesawat. Dia mengklaim bahwa tangki air di pesawat jarang dibersihkan, jadi minuman apa pun yang diambil dari tangki itu sebaiknya dihindari.

“Kalau kami, pramugari, kami jarang minum teh atau kopi. Airnya berasal dari tangki air yang sama dan saat seseorang minum kopi dan teh itu berasal dari air panas dan itu benar-benar menjijikkan,” ungkap Kamalani.

Kamalani menyebut, kalau bagian-bagian dalam mesin kopi di pesawat itu tidak akan dibersihkan kecuali jika rusak. Ditambah, mesin tersebut biasanya berada di dekat toilet.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com