Foto: Getty Images/iStockphoto

Jenis biji kopi dan cara mengonsumsinya berpengaruh pada khasiat yang dirasakan. Begini cara minum kopi yang sehat dan bikin panjang umur.

Kopi mengandung banyak antioksidan yang akan memberikan segudang manfaat kesehatan. Namun, khasiatnya tersebut akan hilang jika mengonsumsi kopi dengan cara yang salah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Annals of Internal Medicine, minum kopi tanpa campuran pemanis dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Hal tersebut telah dibuktikan dengan melakukan survey kepada 171.616 peserta di Inggris.

Berikut cara sehat minum kopi yang menyehatkan dan bikin panjang umur.
1. Pilih Kopi Hitam

Jika ingin merasakan khasiat sehatnya, pilihlah kopi hitam. Artinya, tanpa campuran pemanis, seperti gula, krimer, sirup, dan pemanis lainnya.

Menurut Dr Christina Wee dari Harvard Medical School, minum kopi dalam jumlah sedang dengan campuran pemanis, memiliki risiko kematian sekitar 30% lebih rendah.

Sementara itu, peminum kopi tanpa pemanis memiliki risiko kematian antara 16-295 lebih rendah dibandingkan dengan peminum non-kopi.

2. Pilih Pemanis Alami

Banyak orang yang menambahkan gula pasir ke seduhan kopi. Padahal cara tersebut bisa berisiko pada kesehatan, salah satunya menyebabkan kenaikan berat badan.

Ahli gizi Courtney D’Angelo mengatakan bahwa ini mencampurkan gula pasir pada kopi juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Namun, kamu bisa mengganti dengan pemanis alami.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa pilihan pemanis alami yang lebih sehat daripada gula pasir, sepertixylitol,stevia,yacon syrup, dan monk fruit sweetener.

3. Menambahkan Protein

Protein bisa kamu tambahkan pada kopi agar mendapatkan manfaat kesehatan. Menurut D’Angelo, protein akan berperan membangun otot, membakar lemak, dan memberikan energi.
“Protein akan membantu kamu kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol keinginan untuk ngemil makanan yang tak sehat,” ujar D’Angelo.

Protein tersebut bisa kamu dapatkan dari mencampurkan krimer tinggi protein, susu kedelai, dan bubuk spirulina.

4. Pilih Gelas yang Tepat

Tak hanya jenis biji kopi, tetapi jenis gelas yang dipilih untuk minum kopi juga berpengaruh pada khasiat yang didapatkan.

Biasanya kafe menyajikan kopi pada gelas sekali pakai. Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatan, pilihkan wadah berupa cangkir keramik atau gelas kaca biasa.

“Menggunakan gelas kopi sekali pakai, biasanya itu berbahan kertas atau plastik. Itu bahaya karena dapat mengandung mikro-plastik yang bisa masuk ke kepi,” tutur ahli gizi Manaker.

Mikro-plastik tersebut bisa memicu ketidakseimbangan hormon dan mengganggu kesehatan. Karenanya disarankan pakai cangkir keramik dan gelas kaca.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com