Ilustrasi. Alpukat salah satu buah terbaik untuk kulit kering. (iStockphoto/Milan Krasula)

Ikan atau daging sudah umum dibakar. Ternyata beberapa makanan ini juga nikmat dibakar. Apa saja?

Metode pengolahan makanan dengan cara membakar (grilling) bisa meningkatkan citarasa. Namun proses bakar tidak hanya milik bahan pangan sumber protein seperti ikan dan daging. Sayur dan buah ternyata juga bisa dibakar.

Berikut rekomendasi makanan untuk dibakar dan melengkapi sajian daging dan ikan di rumah.

1. Alpukat
Bukankah alpukat bakal lembek kalau dibakar? Rupanya tidak. Anda cukup memilih alpukat matang tanpa dikupas.

“Saat alpukat matang dibelah dua dan tetap berada di kulitnya, alpukat cukup kuat dan tahan untuk dipanggang,” kata koki dan ahli diet Jackie Newgent melansir dari Livestrong.

Sebelum dibakar, taburi alpukat dengan perasan jeruk nipis atau lemon lalu olesi dengan minyak alpukat atau minyak bunga matahari agar tidak lengket. Bakar sisi yang terbuka selama 4-5 menit sampai agak hangus.

Alpukat bakar akan cocok untuk roti atau dikonsumsi langsung bersama salad kacang.

2. Nanas
Menikmati nanas bisa dengan cara dibakar. Kandungan gula alaminya akan terkaramelisasi berkat proses pemanasan langsung.

Cukup potong hingga membentuk bulatan-bulatan besar, olesi sedikit minyak dan bakar tiap sisinya selama 4-5 menit (sedikit hangus). Newgent menyarankan untuk menggunakan saus tertentu seperti campuran minyak, gula kelapa, madu, saus pedas, dan garam laut sehingga menambah rasa.

“Nanas bakar sangat serbaguna, cocok dipadukan dengan hidangan manis dan gurih,” katanya.

3. Semangka
Tetap basah walau dibakar? Jawabannya adalah semangka. Buah yang cocok di cuaca panas ini ternyata cocok juga kalau dibakar. Cukup potong semangka (pertahankan kulitnya) hingga membentuk segitiga-segitiga mini.

Kemudian semprot sedikit minyak dan bakar. Bakar selama sekitar 3 menit untuk kedua sisinya. Untuk menambah rasa, cukup taburkan gula kelapa dan garam laut sebelum dibakar.

Semangka bakar lebih nikmat dikonsumsi bersama keju lembut atau taburan bubuk cabai dan perasan jeruk nipis untuk rasa yang ‘mengejutkan’.

4. Wortel
Wortel bakar memang bukan ide yang buruk. Makanan satu ini bakal jadi teman santap steak yang sempurna.

Seperti dilansir dari Real Simple, wortel yang dibakar akan membuat rasa manisnya makin intens. Kandungan gula alami yang terkaramelisasi berpadu sempurna dengan citarasa ‘smokey’.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya wortel dikupas terlebih dahulu baru dibakar dengan api sedang selama 8-10 menit. Sajikan dengan lelehan mentega dan taburan oregano.

5. Kembang kol
Selain dipanggang, kembang kol bisa juga dibakar. Sayuran ini akan melunak tanpa hancur. Namun sebaiknya potong hingga jadi papan mirip steak.

Olesi ‘steak’ dengan bumbu sederhana seperti mentega, garam dan lada, lalu bakar dengan api sedang selama 8-10 menit per sisi. Bumbu memang tidak akan meresap, tapi akan memberikan lapisan rasa di bagian luar.

6. Terong
Terong, terutama terong ungu diolah jadi balado terong atau digoreng sebagai teman makan ayam bakar. Namun sebenarnya terong juga bisa dibakar.

Proses pembakaran membuatnya manis berkat proses karamelisasi dan dagingnya lembut. Terong ukuran kecil biasanya manis, tapi yang besar biasanya agak pahit. Oleh karenanya, potong-potong terong dan taburi dengan garam lalu diamkan selama 15-20 menit.

Sebelum dibakar, keringkan kelebihan cairan pada terong dengan kertas makan. Olesi dengan sedikit minyak lalu bakar selama 3-5 menit per sisi.

Terong bakar cocok disantap bersama sambal, saus keju atau perasan lemon.

Itulah daftar buah dan sayur yang bisa dibakar hingga jadi santapan yang lezat.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com